BLK BUTON SIAP BUKA PELATIHAN

177
Kepala Dinas Tenaga Kerja, Sumiati. FOTO:ILWAN/TRIBUNBUTON. COM

BUTON, TRIBUNBUTON.COM

Pemerintah Kabupaten Buton melalui Kantor UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Buton dalam waktu dekat akan membuka pelatihan keterampilan. Tahap awal, BLK yang berkantor di bekas kantor PU Buton itu baru membuka pelatihan otomotif roda dua dan pelatihan menjahit, Pelatihan ini didukung oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buton.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Sumiati, menejelaskan meski telah mengabarkan akan membuka pelatihan, namun BLK Buton nampaknya belum menentukan jadwal palatihan. Sebab, sebelum membuka pendaftaran, BLK Buton terlebih dahulu berkonsultasi dengan BLK Kendari.

“Untuk sementara konsul dulu di BLK kendari terkait teknis pelaksanaannya. Karena kami kan serba baru. Instrukturnya juga baru. Pengelolanya juga baru. Peralatannya juga baru. Jadi kita harus konsul ke instruktur yang sudah pengalaman di BLK Kendari,” tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya :  KECAMATAN PASARWAJO PERSIAPKAN MTQ SEJAK SEBULAN

Pihaknya menambahkan, untuk mendukung pelaksanaan pelatihan, Pemkab Buton telah menganggarkan Rp 350 juta untuk BLK Buton melalui APBD. Ratusan juta itu dipergunakan untuk membeli peralatan dan biaya pelatihan.

“Itu kita belikan mesin jahit. Belikan peralatan las, Perlengkapannya semua. Termasuk dengan anggaran pelatihannya,” terangnya.

Lanjut ia, BLK Buton telah memiliki dua instruktur berstatus PNS, mereka juga telah mengikuti rangkaian untuk beralih dari sturktural menjadi fungsional, kedua instruktur itu nantinya yang akan membina peserta latihan. Tidak hanya itu, ia menjelaskan dalam pelatihan itu, setiap sekali pelatihan maksimal 16 orang, mereka akan di latih selama 25-30 hari, bila sudah menguasai pelatihan peserta akan diberi sertifikat.

Artikel Menarik Lainnya :  KAPOLRES BUTON BERIKAN REWARD TIGA ANGGOTA BERPRESTASI

“Proses pelatihannya, harus dia kuasai, dia keluar itu harus dia kuasai, karena dia bukan teori. Praktek jadi di kasi sertifikat itu memang betul-betul sudah pintar,” jelasnya. (ILW)

Komentar Anda