BUPATI BUTON KUKUHKAN FORUM ANAK BUTON

566
Bupati Buton saat menguhkukan Ketua dan pengurus Forum Anak Kabupaten Buton. FOTO:ILWAN/TRIBUNBUTON

BUTON, TRIBUNBUTON.COM

Bupati Buton La Bakry mengukuhkan Forum Anak Kabupaten Buton periode 2020-2021, di Gedung Wakaka Pasarwajo. Pengukuhan Forum Anak Buton tersebut dirangkaikan dengan Pelatihan Forum Anak Pelopor dan Pelapor (2P) dan Musrembang Anak Tingkat Kabupaten Buton.

Bupati Buton, La Bakry, menjelaskan Sebagai generasi penerus masa depan, keberadaan anak-anak sangat penting dan harus mendapatkan perhatian yang serius dengan memberikan perlindungan kepada anak-anak agar terhindar dari hal-hal yang dapat merusak dan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak. Perlindungan terhadap anak bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, sehingga terwujud anak bangsa yang berkualitas, berakhlak mulia dan sejahtera.

Pihaknya menambahkan,setiap anak berhak untuk dapat hidup tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, seusai dengan undang-undang.

“Sebagai wujud kepedulian dan perhatian yang besar terhadap anak anak, Pemerintah Daerah Kabupaten Buton membentuk Forum Anak Daerah Kabupaten Buton, serta berkomitmen untuk mewujudkan partisipasi anak dengan memfasilitasi keberadaan Forum Anak, agar dapat memberikan input dalam mempengaruhi kebijakan pemerintah untuk mewujudkan kepentingan terbaik bagi anak”, tuturnya.

Pihaknya juga menekankan, agar anak-anak memiliki andil yang besar untuk turut terlibat dalam setiap kegiatan, mengingat forum anak sebagai penghubung aspirasi anak, akan lebih mudah berkomunikasi jika komunikasi yang dilakukan adalah dengan teman sebaya atau sesama anak-anak lainnya.

“Pelopor dan Pelapor atau disebut 2P adalah sikap positif dan semangat yang harus dimiliki oleh anak Indonesia. Pelopor berarti menjadi agen Perubahan terlibat aktif memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan positif, bermanfaat dan bisa menginspirasi banyak orang sehingga banyak yang ikut terlibat melakukan perubahan yang lebih baik lagi”, jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah pimpinan OPD Pemkab Buton, Pembina Forum Anak Sultra Arsyaidar Habri SKM MKes, Fasilitator Forum Anak Nasional Nanda Gabriela, Ketua Forum Anak Nasional Sultra Faried Ananta, dan Forum Anak Provinsi Sultra Agil Ismail. (Cr1)