KEMENTRIAN PERENDUSTRIAN RI BERI BINTEK KEPADA LIMA IKM DI WAKATOBI

495
Bimtek pengolahan rumput laut di Wakatobi. FOTO: UDIN/TRIBUNBUTON.COM

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM

Lima kelompok Industri Kecil Menengah (IKM) Wakatobi yang bergerak dalam pengolahan rumput laut menerima bimbingan teknis (Bintek) untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk yang dihasilkan IKM Wakatobi.

Direksi IKM pangan, barang dari kayu dan furnitur, Kementrian Perindustrian RI, diwakili sub direktorat IKM dan bahan penyegar direktorat IKM PBKF, Endang Purweni, mengatakan peran IKM di Indonesia sangat penting sehingga pemerintah terus mendorong pembinaan terhadap IKM di berbagai daerah sesuai dengan potensi daerahnya, seperti Bimbingan Teknis Pengolahan Rumput Laut dan Fasilitasi Peralatan untuk IKM Pengolahan Rumput Laut di Wakatobi.

“Dalam Bimbingan Teknis Pengolahan Rumput Laut ini akan diberikan pemahaman tentang proses produksi olahan rumput laut serta kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan produk rumput laut yang mempunyai nilai ekonomis,” ujarnya.

Selain melakukan pelatihan pelaku IKM rumput laut Wakatobi juga di berikan,Peralatan untuk IKM Pengolahan Rumput yang guna meningkatkan kapasitas produksi.

” Saya berharap semua ini mampu meningkatkan kualitas dan daya saing produk yang dihasilkan,” tutupnya.

Sementara itu, kepala Dinas Perindakop kabupaten Wakatobi Safiuddin mengatakan, Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari, dengan jumlah peserta sebanyak 20 (dua puluh) orang yang terdiri dari lima kelompok pengelola rumput laut yang berada di pulau Wangi-wangi.

“Peserta sendiri yang mengajukan kebanyakan dari liya dan seputaran Wanci . Sebelum kami mengajukan proposal, pihak Kemarin turun langsung mengecek dilapangan terkait benarkan kelompok ini ada dan mereka sudah mulai merintis dan alhamdulilah,” tutupnya

Dia juga berharap, pelaku IKM Wakatobi yang di bimbing langsung prof Dr. Linawati, tentang tatacara pengolahan rumput laut dapat bernilai ekonomi di mata Nasional bahkan sampai keluar Negri.

Perlu di ketahui, kegiatan bimbingan IKM berlangsung selama Lima hari yakni pada tanggal 26 – 30 Oktober.