LAPAS BAUBAU LAYANI PENCUCIAN MOTOR GRATIS

773
Suasana pelayanan pencucian sepeda motor gratis di Lapas Kelas II A, Kota Baubau. FOTO: YUHANDRI HARDIMAN/TRIBUNBUTON.COM

La Samsudin: HUT Dharma Kharyadika Juga Membagikan Masker dan Handsanitizer

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM

Pada momen HUT Dharma Kharyadika tahun 2020 ini, Lapas Baubau melayani pencucian sepeda motor gratis. Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) ini juga, melaksanakan kegiatan pembagian masker dan handsanitaizer.

Kepala Lapas Baubau, La Samsudin.
FOTO: YUHANDRI HARDIMAN/TRIBUNBUTON.COM

Kepala Lapas Kelas II A Baubau, La Samsudin, menjelaskan pihaknya membagi habis 180 masker dan enam dus hand sanitizer kepada masyarakat yang melintas di depan Lapas. Sementara pencucian sepeda motor gratis dilaksanakan sehari penuh.

Pihak Lapas Baubau membagikan masker dan handsanitizer gratis kepada warga. FOTO: ADM/TRIBUNBUTON.COM

“Kegiatan ini kami lakukan untuk membantu mengampanyekan protokol kesehatan kepada warga,” terang La Samsudin ditemui usai kegiatan pembagian masker dan hansanitaiser.

Kata La Samsudin, sebanyak 11 narapidana yang telah menjalani 2/3 masa hukuman menjadi relawan cuci motor yang digelar mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 16.00 Wita. Setidaknya dalam seharian penuh, sebanyak 40 unit sepeda motor warga berhasil dibersihkan.

“Mereka yang ditugaskan mencuci motor ini bakal diberikan bonus, dengan pengajuan pengurangan masa tahanan, baik itu asimilasi atau pun remisi,” ujar La Samsudin.

Sehari sebelumnya, Lapas memberikan layanan penerimaan barang titipan mulai pagi hingga sore hari. Juga memberikan pelayanan panggilan video call kepada pengunjung yang ingin bertatap muka dengan keluarganya yang sedang menjalani masa tahanan.

Pelayanan-pelayanan ini diberikan dalam rangka memperbaiki kualitas pelayanan di Lapas Baubau yang saat ini sedang menuju zona integritas wilayah bebas korupsi (WBK). (p4)