PILKADES SERENTAK DI BUTENG SUDAH PASTI DESEMBER

1271
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Buteng, Amrin SPd

BUTENG,TRIBUNBUTON.COM

Enambelas desa di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) akan menggelar Pilkades serentak Desember 2020. Sebelumnya, Pilkades direncanakan Oktober atau November.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Buton Tengah, Amrin , menjelaskan penundaan Pilkades merupakan permintaan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hingga selesai Pilkada serentak di Sultra. Inilah alasan mengapa pilkada di 16 desa di Buteng dimundurkan.

“Pihak Kami sudah berkonsultasi dengan Kemendagri untuk melakukan pemilihan dibulan Desember mendatang ini, Allahamdulilah sudah disepakati hal itu,” jelasnya.

Kesiapan anggaran yang diajukan di APBD perubahan 2020 pada saat Paripurna DPRD, DPMD senilai Rp 1 milliar. Anggaran ini untuk digunakan pada penyelenggaraan pilkades di 16 desa.

Berikut nama-nama desa yang melakukan pemilihan Pilkades serentak Desember 2020 mendatang. Di antaranya Desa Lagili, Bonemarambe, Inulu, dan Desa Lasori (Kecamatan Mawasangka Timur). Desa Wasilomata II dan Desa Dahiango (Kecamatan Mawasangka), Desa Talaga Besar dan Desa Talaga II (Kecamatan Talaga Raya). Desa Tolandona Matanaeo (Kecamatan Sangia Wambulu), Desa Wadiabero, Desa Rahia, Desa Wakeakea, Desa Waliko, dan Desa Walando (Kecamatan Gu), Desa Mone (Kecamatan Lakudo), Desa Lanto (Kecamatan Mawasangka Tengah). (p5)