TIM PANTHER DAN TINGGINYA ANGKA KRIMINALITAS

377
Dalman

Oleh: Dalman *)

Baubau adalah salah satu wilayah di Kepulauan Buton yang hari ini menjadi pusat perdagangan dan jasa, serta menjadi tiang penyangga bagi perekonomian beberapa kabupaten di sekelilingnya. Hal ini tentu menjadikan Baubau titik sentra ekonomi sekaligus menjadikan Baubau sebagai daerah tersibuk di Kepulauan Buton.

Keadaan ini tentu mempengaruhi kehidupan masyarakat Kota Baubau bukan hanya pada sisi pertumbuhan ekonominya tetapi pada sisi tingkat kriminalitasnya. Dalam angka, kepolisian mencatat dari tahun 2018-2019 kurang lebih ada sekitar 500 kasus kekerasan di jalan terjadi di wilayah hukum Polres Baubau.

Artikel Menarik Lainnya :  PRESMA UNIDAYAN MINTA WALIKOTA SEGERA LELANG JABATAN DIREKTUR PDAM

Menindak lanjuti tingginya angka kriminalitas di Kota Bqubau, tepat Tgl 8 September 2020, Polres Baubau melakukan launching pembentukan Team Panther guna menekan angka kriminalitas di wilayah hukum Polres Baubau dan siap siaga 1×24 jam. Tentu ini adalah bentuk keseriuasan Kapolres Baubau dalam upaya memberikan rasa aman bagi masyarakat yang berada di wilayah hukumnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Re-Evaluasi Oleh BPN Atas Tumpang Tindih Sertifikat Hak Milik Dan Penyelesaiannya

Selain memberikan rasa aman, launching Tim Panther menurut saya akan menjadi semangat baru bagi setiap masyarakat yang akan beraktifitas terutama di malam hari. Launching Team Panther ini harus diapresiasi oleh seluruh masyarakat dengan membantu pihak kepolisia dalam menciptakan suasana kamtibmas kondusif.

Sebap kejahatan bermula bukan hanya dari niat pelakunya tapi dari kesempatan yang diberikan oleh korbanya. (***)

*) Penulis adalah Presiden Mahasiswa (Presma) Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Baubau.

Komentar Anda