DUKCAPIL BUTON REKAM E-KTP DI DESA-DESA

164
Kepala Disdukcapil Kabupaten Buton, Karim. FOTO:ILWAN/TRIBUNBUTON

BUTON, TRIBUNBUTON.COM

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buton, melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di desa-desa.

Plt Kadisdukcapil Kabupaten Buton, Karim, mengatakan perekaman E-KTP di desa-desa dimulai 24 – 27 Agustus 2020. Upaya ini dilakukan dalam rangka memaksimalkan dan mempercepat pelayanan administrasi kependudukan warga Kabupaten Buton.

“Itu adalah strategi yang kita terapkan dengan cara menjemput bola di lapangan. Kata dia, kita tidak bisa menunggu masyarakat dengan cara berdiam diri di kantor, kasian masyarakat kita kalau mereka kesini akan mengeluarkan uang lagi,” tuturnya, Rabu 26 Agustus 2020.

Pihak Disdukcapil Buton juga sudah membuka ruang untuk pelayanan online. Yakni untuk pelayanan dokumen-dokumen dasar.

Artikel Menarik Lainnya :  BUTON PERKETAT DISIPLIN PROKES

“tetapi khusus untuk perekaman itu kan dia harus langsung, harus tatap muka langsung, tidak bisa perwakilan,” jelasnya.

Karim mengakui masih banyak masyarakat Kabupaten Buton belum melakukan perekaman. olehnya itu untuk memudahkan masyarakat yang belum sempat melakukan perekaman E-KTP maka pihaknya melakukan inisiatif turun langsung ke masyarakat.

“Utamanya yang sudah menginjak usia 17 tahun itu sudah kita lakukan perekaman, selain itu ada juga orang tua, nenek-nenek, kakek-kakek yang selama ini belum merekam juga. Ada juga kasian mereka yang baru datang dari perantauan dan belum pernah lakukan perekaman E-KTP, mereka itu masih banyak yang kita dapatkan di lapangan,” teranya.

Artikel Menarik Lainnya :  KORAMIL 1413-02/PASARWAJO SOSIALISASI PENERAPAN NEW NORMAL

Karim berharap dengan adanya perekaman E-KTP di sejumlah desa, kiranya masyarakat bisa langsung datang di kantor desa. Berikut jadwal Disdukcapil Kabupaten Buton melakukan perekaman E-KTP di Kabupaten Buton:

1. Tanggal 24 Agustus 2020, Siotapina, Siomanuru, Rejo Sari dan Sangia Arano.
2. Tanggal 25 Agustus 2020, Wajah Jaya, Sumber Agung, Mulia Jaya dan Harapan Jaya.
3. Tanggal 26 Agustus 2020, Kinapani Makmur, Umalaoge, Lasalimu, Balimu.
4. Tanggal 27 Agustus 2020, Ambuau Togo, Ambuau Indah, Mega Bahari dan Mopaano.(ilw)

Komentar Anda