Disdukcapil Diharapkan Partisipasinya

BUTUR, TRIBUNBUTON.COM

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buton Utara bersinergi dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Buton Utara dalam rangka Pemutakhiran Data Pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 mendatang. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil diminta segera lakukan perekaman KTP-El bagi warga yang belum memiliki identitas diri.

Ketua Bawaslu Butur, Hazamuddin, menuturkan ujung tombak suksesnya pemutakhiran data pemilih ada di Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), KPUD dan Pengawas Kelurahan/Desa dari Lembaga Bawaslu sendiri. Proses tahapan pemutakhiran data pemilih, sejauh ini sesuai dengan tata peraturan yang berlaku.

Artikel Menarik Lainnya :  PUSKESMAS KULISUSU SEMPROTKAN DISINFEKTAN CAMPURAN BAYCLIN
Ketua BAWASLU Butur, Hazamuddin Buka Rapat Koordinasi dengan Stakeholder pada Pilkada Butur/Tribunbuton.com

“Sesuai amanat undang undang pemilu dan sesuai protokol kesehatan,” kata Ketua Bawaslu pada rapat koordinasi bersama stakeholder di Hotel Sara’ea, Rabu 29 Juli 2020.

Hazamuddin berharap agar seluruh elemen baik ASN, TNi/Polri dan masyarakat bekerja sama mensukses Pilkada 2020. Karena kemajuan pembangunan daerah tergantung pada pemilih cerdas. Masyarakat menentukan pilihan terbaik memilih kepala daerah yang terbaik untuk mensejahterakan takyat lima tahun akan datang.

Kata dia, saat ini Bawaslu menemukan beberapa masalah. Pertama terkait data pemilih, seharusnya tidak terdaftar tapi tetap masih terdaftar. Yang Kedua pihaknya menemukan ada salah satu warga kelahiran buton utara sampai saat ini belum memiliki KTP. Kondisi demikian menyebabkan masyarakat kehilangan hak pilihnya untuk menentukan masa depan daerah ini pada 9 Desember mendatang.

Artikel Menarik Lainnya :  PEJABAT FUNGSIONAL AUDITOR BUTUR DILANTIK

“Belum mutakhirnya data ini Kami bersama KPUD Butur saling berkoordinasi mencari solusi dan melakukan berbagai perbaikan data agar masyarakat tersebut mendapatkan hak pilihnya. Tentu kami sangat mengharapkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Butur untuk segera melakukan perekaman agar masyarakat mendapatkan KTP. Sehingga proses pemutakhiran data pemilih yang diluar kewenamgan kami segera diselesaikan dinas terkait,” jelas Hazamuddin. (m1)

Nonton Vidio Ini:

Komentar Anda