Pasien 04 dan Pasien 05 Dinyatakan Sembuh

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM, Yhd

Satu orang pasien positif (pasien 06) terpapar Covid 19 seorang perempuan inisial WM dijemput di Kelurahan Bataraguru, Kota Baubau. Sementara itu dua pasien 04 dan 05 yang dirawat di RSUD Baubau dinyatakan sembuh berdasarkan hasil swab terakhir negatif.

Kadis Kesehatan Kota Baubau, dr Wahyu, menjelaskan berdasarkan hasil swab yang diterima, pasien 06 dinyatakan positif Covid 19. Sebelumnya juga sudah dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif.

Kadis Kesehatan Kota Baubau, dr Wahyu. FOTO:YUHANDRI HARDIMAN/TRIBUNBUTON.COM

“Pasien 06 baru saja melahirkan di RSUD Baubau pekan lalu,” jelasnya, Jumat malam 22 Mei 2020.

Pasien 06 dijemput Tim Gugus Penanganan Covid 19 berpakaian astronot menggunakan ambulance untuk menjalani isolasi dan perawatan di rumah sehat sementara di Langit Biru. Pasien 06 tinggal satu rumah dengan enam keluarganya dan akan ditangani lebih lanjut.

Artikel Menarik Lainnya :  TIKAM TEMANNYA, PEMUDA WAMEO DIRINGKUS

“Keluarga pasien akan kita periksa juga,” jelasnya.

Sementara itu, Jubir Tim Gugus Tugas melalui konferensi pers di Media Center Sekber Covid 19 Baubau, dr Lukman, menyatakan pasien 04 dan 05 sembuh dari Covid 19. Pasien 04 diisolasi di RSUD Baubau sedangkan pasien 05 menjalani isolasi mandiri.

Jubir Covid 19 Kota Baubau dr Lukman

Menurut dr Lukman, pasien dinyatakan sembuh setelah melewati dua tahap pemeriksaan monitoring swab yang dilakukan dengan jarak satu atau dua hari. Setelah itu pada 14 hari dilakukan swab untuk monitoring kesembuhan dan hasilnya negatif tidak terpapar Covid 19 lagi.

Kesembuhan ditentukan oleh penyakit penyerta pasien. Pasien 05 adalah anak-anak usia 11 tahun, sedangkan pasien 04 adalah orang dewasa inisial AT.

Kondisi Covid 19 di Kota Baubau dengan rincian OTG berjumlah 134 orang, ODP 19 orang, PDP 1 orang, terkonfirmasi 6 karena ada tambahan satu tetapi dua orang sembuh pasien 04 dan 05,” jelasnya.

Artikel Menarik Lainnya :  WARGA GONDA TEWAS DIANIAYA, KELUARGA MENGIRA KECELAKAAN

dr Lukman mengatakan pihaknya sudah melakukan swab test kepada empat pasien PDP. Tiga orang negatif sedangkan satu orang positif (pasien 06).

Ketika ditanya cluster pasien 06, dr Lukman menjelaskan riwayatnya adalah sporadis. Dikutip dari internet, sporadis merupakan suatu kasus yang pasiennya terinfeksi virus corona COVID-19, meskipun tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah pandemik. Selain itu, pasien yang terkena kasus ini juga tidak pernah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi.

“Tidak jelas riwayat pasiennya dan akan kita lakukan analisis lebih lanjut,” jelasnya.

Pihaknya berpesan kepada masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah. Jaga jarak, gunakan masker, dan tinggal di rumah.(*)

Nonton Juga :

Komentar Anda