WAKATOBI, TRIBUN BUTON (Duriani)

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda), pihak Kementerian Agama (Kemenag) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Wakatobi gelar pertemuan membahas pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1441 H/2029 M. Kamis (20/5/2020).

Kabag Kesra Sekeratariat Daerah Kabupaten Wakatobi, Usman, mengatakan pertemuan itu membahas rencana persiapan pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1441 H/2020 M dimasa darurat Covid-19. Dan menghasilkan lima poin yang menjadi maklumat bersama.

Adapaun lima poin yang menjadi maklumat bersama, dalam rangka persiapan pelaksanaan shalat idul Fitri 1441 H/2020 M itu yakni.

Artikel Menarik Lainnya :  KPU Wakatobi Umumkan Hasil Verifikasi Berkas Calon Anggota PPK

Pertama, seluruh pengurus/pengelola takmir Masjid se Kabupaten Wakatobi dan panitia hari besar Islam (PHBI) disemua tingkatan. Untuk tidak menyelenggarakan pawai taqbir keliling.

Taqbir hanya bisa dilaksanakan didalam Masjid/Musholla, rumah dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan dalam penanganan Covid-19.

Kedua, seluruh umat Islam di Kabupaten Wakatobi yang akan menyelenggarakan shalat idul Fitri dihimbau untuk melaksanakannya bersama keluarga dibrumah masing-masing. Sesuai tuntunan pelaksanaan shalat Ied di rumah yang dikeluarkan MUI.

Ketiga, kegiatan seremonial berupa open house dan Halal Bi Halal ditiadakan. Sedangkan kegiatan silaturrahmi antar keluarga dapat dilaksanakan melalui sosial media atau telponan. Atau silaturrahmi terbatas dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Artikel Menarik Lainnya :  132 KUOTA CPNS DIBUTUHKAN DI WAKATOBI

Keempat, pendistribusian zakat fitrah, infak dan sedekah dilakukan oleh Baznas, UPZ dan Badan Amil Zakat Masjid dengan cara m mgantarkannya langsung ke rumah masing-masing.

Kelima, kepada aparat pemerintah, pimpinan ormas dan petugas keamanan serta seluruh masyarakat khususnya umat Islam di Kabuaten Wakatobi agar ikut mensosialisasikan hasil maklumat bersama tersebut. (*)

Nonton Video :

Komentar Anda