MUNA ZONA MERAH, BAUBAU DAN BUTENG SIAP TANGKIS

621
Pelabuhan Fery sebagai pintu masuk dan keluar dari Baubau dan Buteng. FOTO:IST/TRIBUNBUTON.COM

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM, Yhd

Kabupaten Muna naik status menjadi zona merah penyebaran Covid-19 di Sultra. Daerah yang berdekatan dengan Muna meningkatkan kewaspadaan.

Salah satunya dengan melakukan pengawasan jalur perbatasan antar kedua wilayah dengan lebih diperketat. Bupati Buteng, H Samahuddin, sudah melakukan langkah antisipasi terkait ini.

“Saya sudah dengar di Muna ada tujuh (Positif Covid-19) ya. Nanti kita lihat kondisinya, kalau memang berbahaya kita harus batasi,” kata H. Samahuddin di halaman kantor Bupati Buteng, Senin 20 April 2020.

Kota Baubau yang juga memiliki konektifitas wilayah melalui jalur laut juga melakukan pengawasan. “Pengawasan tetap dilakukan. Tadi saya baru dapat kiriman video dari petugas BPBD yang melakukan penyemprotan di sekitar wilayah pelabuhan Ferry ,” ungkap Sekda Baubau, Roni Muchtar.

Artikel Menarik Lainnya :  TRADISI "GANDA" PINGITAN ANAK GADIS DI BETOAMBARI

“Tadi sempat beredar foto posko di kawasan pelabuhan ferry yang kosong petugasnya, saya sudah tanyakan kapan kejadiannya. Ini juga penting karena masalah covid ini merupakan masalah kita bersama, sehingga mari kita berperan sesuai dengan tupoksi kita,” tambahnya, Senin 20 April 2020.

Diakui, posisi Kota Baubau yang strategis berpotensi terhadap penyebaran pandemik Corona. Namun yang patut bersyukur bahwa Baubau sampai saat ini belum ada satupun yang terpapar virus Corona.

Ini tidak terlepas dari usah keras dari semua unsur pemerintah, aparat keamanan dan masyarakat sehingga dKota Baubau masih terlindungi dari wabah tersebut.

“Mari bahu membahu memutus persebaran virus corona. Virus ini tidak bisa ditangani hanya lembaga tertentu. Butuh peran dan kesadaran dari seluruh elemen masyarakat untuk ikut melindungi dirinya,” paparnya.

Artikel Menarik Lainnya :  POLRES BAUBAU GELAR LOMBA KAMPUNG TANGGUH

Ditambahkan sejak akhir Februari 2020 lalu, tim surveland sudah melakukan upaya di masyarakat baik sosialisasi secara masif maupun himbauan terhadap pencengahan wabah Corona.

Bagi warga yang masuk dari luar daerah juga sudah dilakukan scaning sesuai protokol penanganan covid yang dilakukan Kementerian Kesehatan. Misalnya di Bandara Betoambari.

Pemkot Baubau, lanjut Roni, sudah melakukan hal itu jauh sebelum daerah lain melakukannya. Di sisi lain juga dimaksimalkan sosialisasi yang menggerakan seluruh stekholder yang ada dalam unsur pemerintahan sampai di tingkat kelurahan. (*)

Komentar Anda