BPBD BUSEL BENTUK POSKO PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN COVID-19

901
Drs Zamaludin MPd

BUTON SELATAN, TRIBUN BUTON (Mira)

Waspada penyebaran wabah virus corona (Covid-19), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buton Selatan (Busel) membentuk posko gugus tugas pencegahan dan penangulangan wabah covid-19. Posko pencegahan dan penanggulangan covid-19 diadakan di tujuh kecematan.

Pusat Posko Lakarada Buton Selatan. FOTO: YUHANDRI HARDIMAN/TRIBUNBUTON.COM

Posko penanggulangan di tujuh kecematan yang tersebar di Kabupaten Buton Selatan yitu Batauga, Sampolawa, Lapandewa, Siompu, Batu atas, Kadatua, Siompu Barat. Kegiatan ini akan berlangsung selama 14 hari.

Kepala BPBD Kabupaten Buton Selatan, Drs Zamaludin MPd, menjelaskan posko pencegahan dan penanggulangan Covid-19 didirikan untuk mengantisipasi masyarakat yang dari luar derah untuk disterilkan sebelum memasuki kawasan Daerah Buton Selatan. Kata dia, kegiatan seperti ini adalah upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

“Inikan banyak masyarakat yang datang dari kendari, Jakarta, Malaysia. Jadi sebelum mereka ke kampungnya masing-masing kita sterilkan dulu melalui posko-posko pencegahan di Kecematan masing-masing,” jelas Zamaludin, Selasa 24 Maret 2020.

Zamaludin mengatakan, dalam upaya pencegahan dan penanggulangan, pihaknya telah melibatkan Dinas Perhubungan Busel, Dinas Kesehatan, Camat, Lurah, Polsek dan SatPol-PP. Sementara porsenil yang berjaga di setiap posko minimal 12-14 orang secara bergantian selama 24 jam.

Zamaludin juga mengimbau agar masyarakat terus menjaga kesehatan dan memutus mata rantai penyebaran wabah covid-19 dengan mengkarantina diri sendiri di rumah.(#)