PEMKOT BAUBAU HENTIKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH

555
Dr Roni Muchtar MPd

BAUBAU, TRIBUN BUTON.COM (Mira)

Antsipasi penyebaran virus corona, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, putuskan menghentikan sementara proses belajar mengajar di sekolah. Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Dasar (SD) se Kota Baubau dipastikan tidak ada lagi proses belajar mengajar disekolah mulai hari ini, Senin 16 Maret-29 Maret 2020 mendatang.

Prosesi rapat keputusan bersama Dikbud Kota Baubau, yang dipimpin oleh Sekda Baubau.Foto/Mira Tribun Buton.

Keputusan ini diambil dalan rapat menyikapi penyebaran virus Corona atau Covid-19, bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Baubau yang dipimpin Iangsung Sekda Baubau, Dr Roni Muhtar di kantor Dikbud Baubau, Senin 16 Maret 2020.

Abdul Karim

Pimpin rapat keputusan, Sekretaris Daerah (Sekda) Baubau, Dr Roni Muchtar MPd mengatakan, keputusan ini diambil berdasarkan penyampaian Wali Kota Baubau. Peserta didik di semua tingkatan lingkup Pemkot Baubau mulai hari ini tidak akan melakukan aktifitas di ruang kelas sekolah.

Tapi kata dia, para anak didik tetap belajar dengan memanfaatkan materi belajar melalui Iaman yang disiapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Tapi tidak libur. Hanya tidak belajar di ruang kelas tapi di rumah,” kata Roni Muchtar.

Sementara itu, Kepala Dikbud Kota Baubau, Abdul Karim menambahkan, kegiatan belajar di rumah ini berlaku untuk semua siswa dibawah koordinasi Pemkot Baubau. Namun, guru tetap melakukan pemantauan terhadap proses tersebut.

Abdul Karim menjelaskan, keputusan peniadaan kegiatan proses belajar mengajar ini bukanlah harga mati. Kata dia, Waktu bisa saja ditambah ataupun dikurangi.

“Tergantung kebijakan, makanya kepala sekolah harus mengikuti informasi yang terbaru,” katanya.

Meski begitu, Abdul Karim tidak memumgkiri, jika masih banyak sekolah di Baubau yang tidak terjangkau oleh jaringan internet. Maka dari itu, sebagai Kepala Dikbud Baubau dia mengharapkan guru dapat melakukan inovasi dan kreasi masing-masing.

“Yang penting proses belajar mengajar harua tetap berjalan,”katanya.