KEKURANGAN RUANGAN, PERPUSTAKAAN SIMPAN BUKU DI DUS

642
Muliana Mauzu SSos (Foto: Rafil/tribunbuton.com)

BAUBAU, TRIBUN BUTON. COM, (Rafil)

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Baubau kesulitan ruangan perpustakaan. Banyaknya jumlah buku, tidak bisa dipajang.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Baubau, Muliana Mauzu SSos, menjelaskan sejumlah buku milik perpustakaan hanya bisa disimpan di dalam dus. Sedangkan buku yang dipajang disesuaikan dengan daya tampung ruangan.

“Kadang-kadang kalau ada waktu dipajang lagi, kadang dipajang di meja. Ganti-gantian kami kasih naik karna fasilitas kami belum memadai,” ucap Sekdin ditemui di ruang kerjanya, Senin 24 Februari 2020.

Perpustakaan merupakan wadah penyimpanan buku atau koleksi buku. Dengan jumlah buku yang banyak dan sumber yang berbeda-beda serta spesifikasi buku yang beraneka ragam sehingga memerlukan ruang buku untuk dijadikan tempat penyimpanan atau pajangan buku.

Muliana Mauzu, menjelaskan angka kunjungan ke perpustakaan cukup tinggi. Pengunjung berdatangan mulai dari mahasiswa sampai siswa-siswi SD dan masyarakat umum. Dengan demikian perpustakaan pun membutuhkan ruang buku dan ruang baca

Pihak perpustakaan berharap ada solusi untuk perpustakaan yang memadai. Dengan demikian perpustakaan bisa dikelola lebih baik dan dapat memajang buku dan kiranya memiliki ruang baca untuk menampung pengunjung setiap harinya.(#)