PAMSIMAS LAGUNDIDIBENTUK UNTUK PENGADAAN AIR

741
Foto bersama usai rapat pembentukan Pokja PAMSIMAS

Kelompok Kerja (Pokja) Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarat (PAMSIMAS) Desa La Gundi, Kecamatan Kambowa, Butur, dibentuk. Kegiatan berlangsung di Balai Desa Lagundi, Jumat 21 Februari 2020.

Kepala Desa Lagundi, Andi, saat membawakan sambutan mengatakan hasil survei mata air cukup memadai. Untuk anggaran kita shering dengan Dana Desa (DD) yaitu 10 persen dari anggaran PAMSIMAS.

“Saya berharap dengan masuknya PAMSIMAS di desa kami dapat memenuhi kebutuhan air seluruh masyarakat dan kami juga dari pemerintah desa menyiapkan pipa untuk disambungkan ke rumah-rumah warga,” ungkapnya.

Fasilitator PAMSIMAS Kabupaten Buton Utara, Trisna Efendi SArs, memaparkan anggaran PAMSIMAS bersumber dari APBN dan shering dengan DD. Adapun program yang akan dilaksanakan oleh PAMSIMAS adalah mendekatkan air bersih dengan masyarakat.

“Langkah yang akan dilakukan adalah dengan membuat bak penampung yang dekat dengan pemukiman warga,” ujarnya.

Irudin sebagai Ketua Kelompok Keswadayaan Masyarak (KKM) saat dikonfirmasi terkait target pencapaian dalam program, secara tegas mengatakan satu target yakni mewujudkan pemberdayaan air bersih di Desa La Gundi.(#)