Akhir Maret 2020, Garuda Kembali Terbang Di Wakatobi

1244
Ketgam: pihak Garuda dan Pemkab Wakatobi pose bersama usai pertemuan. FOTO Duriani

WAKATOBI, TRIBUN BUTON (Duriani)

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia Airways (GIA) direncanakan untuk kembali membuka rute penerbangan di Wakatobi. Diperkirakan akhir bulan Maret 2020.

Rencana Garuda untuk kembali terbang di Wakatobi itu, diungkapkan pihak Garuda yang diwakili Branch Manager Cabang Kendari, Syaiful Bahri. Saat melakukan pertemuan dengan pihak Pemkab Wakatobi yang dihadiri Kadis Pariwisata, Kadis Perhubungan, pihak Bandara Matahora serta sejumlah pegiat pariwisata dan transportasi di Wakatobi, Senin (27/1/2020) malam.

Syaiful Bahri, mengatakan dalam rencana membuka jalur penerbangan di Wakatobi sekitar akhir Maret atau awal April 2020 nanti. Pihaknya akan menggunakan pesawat Tipe ATR72 dengan kapasitas 70 penumpang.

Ketgam: suasana pertemuan pihak Garuda dan Pemiab Wakatobi membahas rencana penerbangan di Wakatobi

“Pesawat Garuda akan mengambil rute terbang Makasar – Baubau – Kendari – Wakatobi dan kembali lagi. Untuk jalur Wakatobi dijadwalkan 3 hari penerbangan dalam seminggu,” ungkap Syaiful Bahri.

Kadis Pariwisata Wakatobi, Nadar, mewakili pihak Pemkab Wakatobi sangat menyambut baik langkah pihak Garuda membuka kembali jalur penerbangan di Wakatobi. Karena dengan dibukanya penerbangan rute wakatobi akan meramaikan transportasi udara dan mendorong geliat pariwisata Wakatobi sebagai kawasan prioritas pariwisata. Serta akan menambah kunjungan baik domestik dan mancanegara.

“Beroperasinya kembali pesawat Garuda akan mendukung kita di sisi aksebilitas. Dengan dua penerbangan brand Wakatobi sebagai daerah wisata akan bergeliat kembali sebagai tempat berlibur dan akan dijadikan tempat pertemuan wisatawan domestik dan mancanegara,” ucap Nadar.

Nadar, menambahkan jika Pemkab Wakatobi akan menggandeng pihak- pihak terkait seperti Asosiasi Travel Agency (Asita) Persaruan Hotel Republik Indonesia (PHRI), Pengusaha Jasa Transportasi, Perhubungan agar meningkatkan promosi travel di Wakatobi. (*)