MUSIM PENGHUJAN, BPBD BUTUR IMBAU WARGA WASPADA BENCANA

631
Kantor BPBD Butur. Foto : Mawan/Tribunbuton

BURANGA, TRIBUNBUTON

Memasuki musim penghujang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buton Utara (Butur) mengimbau kepada warga yang tinggal didaerah rawan banjir agar tetap waspada setiap waktu.

Kepala BPBD Butur Yurif Halir melaui Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Sadarlin mengatakan, memasuki musim penghujang diimbau agar mewaspadai banjir yang terkhusus tinggal berdekatan langsung dengan sungai.

“Kepada warga untuk kehati-hatian, waspada terhadap bencana yang ada kemungkinan terjadi didaerahnya dan warga proaktif untuk melaporkan secepatnya,” ujar Sadarlin saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis, 9 Januari 2020.

Dia menjelaskan, telah melakukan kajian resiko terhadap beberapa jenis bencana di Buton Utara. Tetapi menurutnya hal itu yang biasa dialami Buton Utara becana banjir, seperti di bulan Maret, April dan Mei.

“Alhamdulillah tahun kemarin tidak ada, tapi langkah-langkah itu kita suda antisipasi dengan melakukan pembentukan desa tangguh bencana. Yang sifatnya rawan seperti, Kotawo, Lambale, Rota, Lapandewa. Jadi disitu sudah dibentuk desa tangguh bencana,” ungkapnya.

Sadarlin menambahkan, pembentukan desa tangguh bencana tersebut bertujuan untuk memberikan informasi tentang kondisi tempatnya, memberikan informasi peringatan dini, dan meberikan evakuasi.

“Jadi untuk kami tinggal tunggu dikontak dan mereka sudah bisa menggambil langkah sebelum terjadi sambil menunggu dari kabupaten,” tandasnya. (Mawan)