PEMKOT BAUBAU FOKUSKAN LIMA PRIORITAS INI DALAM PEMBANGUNAN DAERAH TAHUN 2020-2021

1216

 

BAUBAU, TRIBUN BUTON(Mira)

Forum perencenaan penyelarasan perencanaan pembangunan daerah tahun 2020-2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau fokuskan lima prioritas dalam perencanaan pembangunan daerah 2020-2021. Hal itu diantisipiasi Pemkot Baubau agar tidak menyalahi peraturan perundang-undangan dan institusi pembangunan yang telah ditetapkan.

Adapun lima hal yang diprioritaskan Pemkot Baubau yaitu, pengembangan industri perdagangan dan industri kreatif yang didukung oleh peningkatan sarana dan prasarana, peningkatan iklim promosi dan investasi, pengembangan kepariwisataan daerah, peningkatan pendapatan masyarakat miskin berbasis potensi lokal, pengelolaan pemerintah dan administrasi pelayanan publik serta peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Wali Kota Baubau AS Tamrin MH menyatakan, adanya lima prioritas yang menjadi acuan dalam pembangunan daerah 2020-2021 ini, harus diperhatikan oleh kadis-kadis agar tidak terjadi kelalaian sehingga mengabaikan instutusi pembangunan. Karena kata dia dalam pembangunan daerah kali ini, harus handal, berdaya saing dan berbudaya.

“Harus berpacu pada undang-undang agar tidak terjadi perselisihan antar satu sama lain, harus memenuhi aturan yang ada jangan mengabaikan institusi pembangunan dan janganlah buru-buru,”kata Tamrin di Aula Kantor Wali Kota, Senin 06 Januari 2020.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, optimis visi misi Wali Kota Baubau 95 persen hampir sama dengan peraturan pemerintah pusat. Maka dari itu, dukungan pemerintah pusat pun akan seiring sejalan sehingga akan memeprmudah perencanaan pembangunan daerah Kota Baubau tahun 2020-2021 nanti.

“Seiring dengan hal itu maka RPJMD kita suda ada jalan arah yang benar,”katanya.

Kata Monianse, dengan tema pembangunan yang handal dan berdaya saing maka dia berharap Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), sedikitpun tidak boleh keluar dari tema. Karena dapat berpengaruh dengan arah pembangunan Kota Baubau sehingga Musrembang adalah yang strategis dan dapat menjadi penuntun bagi Pemkot Baubau.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Dr Roni Muchtar MPd mengatakan, setelah terbentuknya tim ini, dapat mewujudkan upaya pembangunan dan peningkatan ekonomi dan kapasitas SDM. Roni berharap, karena tahun ini adalah agenda merealisasikan visi misi tampil manis, maka Pemerintah Kota Baubau harus berkomitmen dan berintegritas dalam membangun Kota Baubau.(*)