Arhawi Tekankan Kades dan Lurah Pahami Perencanaan Pembangunan di Wilayahnya

255

WAKATOBI, TRIBUN BUTON (Duriani)

Bupati Wakatobi, H Arhawi SE.MM, menghimbau kepala desa dan lurah untuk memahami perencanaan program pembangunan di desa seperti program yang menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

Dengan lebih memahami perencanaan pembangunan di wilayahnya, dipastikan penyelenggaraan pemerintahan akan berjalan baik. Dan seluruh potensi di wilayahnya dipastikan tereksplor demi peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

“Sumber daya disetiap desa/kelurahan cukup. Namun terkadang kesibukan lain sehingga potensi di desa tidak tereksplor semua. Sehingga melalui rakor ini sangat penting diikuti kades dan lurah,” ungkap Arhawi, saat membuka rapat koordinasi sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah dengan desa/kelurahan Kabupaten Wakatobi Tahun 2019 di Kaledupa Selatan, Senin (16/9/2019).

Artikel Menarik Lainnya :  Bupati Wakatobi Pimpin Apel Pagi Hari Pertama Masuk Kerja Usai Libur Lebaran

Arhawi, menegaskan jika pentingnya kades dan lurah paham penyusunan program. Karena desa dan kelurahan menjadi ujung tombak pemerintah pusat.

“Desa dan kelurahan adalah ujung tombak pemerintah pusat. Maka pemerintah pusat berharap, pengelolaan anggaran masuk di desa bisa sinkron,” jelasnya.

Sementara itu Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wakatobi, H Husnan, mengatakan rakor itu sangat perlu diikuti kades dan lurah. Karena dalam penganggaran banyak hal yang harus dipahami kades dan lurah.

Artikel Menarik Lainnya :  Membangun Dalam Kawasan Taman Nasional, Pemkab Tojo Una Una Belajar di Wakatobi

“Terkait perencanaan banyak hal harus dipahami. Pembangunan di desa/kelurahan harus mengacu pada perencanaan pembangunan daerah. Selama masih ditemui ada kades dalam merancang program tidak koordinasi dengan Pemkab Wakatobi,” kata H Husnan. (*)

Komentar Anda