BUPATI WAKATOBI SERAHKAN BANTUAN LANSIA PROGRAM KEMENSOS

1166
Bupati Wakatobi, H Arhawi, menyerahkan secara simbolis bantuan lansia program Kemensos. FOTO Duriani/Tribunbuton

WAKATOBI, TRIBUN BUTON (Duriani)

Bupati Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), H Arhawi SE.MM, secara simbolis menyerahkan bantuan lanjut usia. Disela-sela kegiatan peresmian pasar rakyat Waetuno Wangi-Wangi, Selasa (21/8/2019).

Bantuan lanjut usia tersebut merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial tahun anggaran 2019. Diperuntukkan kepada masyarakat kategori lanjut usia.

Arhawi, mengatakan pemerintah Kabupaten Wakatobi mendukung penuh program itu. Dengan menyajikan dan memberikan data hasil verifikasi secara berjenjang. Sehingga program tersebut tepat sasaran.

“Semua program pusat kita harus dukung, apalagi program ini menyentuh langsung masyarakat penerima. Saya minta agar program ini dimanfaatkan sesuai harapan pemerintah,” harap Bupati Wakatobi. (*)

Sementara itu Kadis Sosial Wakatobi, Jamrudin Ruda, menjelaskan jika program itu mulai berjalan tahun ini. Terkait kriteria penerima, pihaknya mengirim data hasil validasi sesuai mekanisme. Dan pemerintah pusat yang menentukan penerima tahap awal.

“Program ini untuk lanjut usia dimana telah berusia 65 tahun ke atas. Dan dianggap tidak mampu lagi dari segi ekonomi dengan berbagai pertimbangan sesuai petunjuk teknis dan pelaksanaannya,” jelas Jamrudin.

Kadis Sosial Wakatobi berharap tahun berikutnya jumlah penerima bantuan itu di Wakatobi bisa bertambah. Dikarenakan masih banyak masyarakat yang masuk dalam kategori lanjut usia.

“Untuk tahap awal ini, jumlah penerima di Wakatobi sebanyak 221 jiwa. Dalam satu bulan, penerima berhak mendapat Rp 200 ribu rupiah. Namun proses pencairannya setiap enam bulan dan langsung ditransfer ke rekening penerima. Kita berharap tahun depan kuota Wakatobi bisa bertambah karena masih banyak masyarakat masuk kategori lansia,” harap Kadis Sosial Wakatobi. (*)