HARI PRAMUKA NASIONAL KE-58, PEMKOT BAUBAU GELAR KEMAH BUDAYA PO-5

826

BAUBAU, TRIBUN BUTON (Mira)

Peringati hari pramuka Nasional ke-58, Pemerintah Kota Baubau gelar kemah Budaya Po-5 dan kemah ekslusif di Bumi Perkemahan (Buper) Samparona, Kecematan Sorawolio, Kota Baubau. Kegiatan ini diikuti oleh seluru Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan SD, SMP, SMA, SMK se-Kota Baubau.

Walikota Baubau,  AS Tamrin, Membuka perkemahan budaya Po-5 dan perkemahan eksklusif. Melalui sambutanya,  Dr AS Tamrin MH mengingatkan kepada peserta kemah agar menghindari penggunaan kemasan plastik sekali pakai, guna untuk tetap melestarikan lingkungan hidup.

La Ode Darussalam

“Sampah plastik dapat mencemari serta mengancam keberlangsungan lungkungan hidup,” katanya.

Perkemahan berlangsung selama tiga Hari yakni 18-21 Agustus 2019. AS Tamrin berharap peserta kemah juga dapat memanfaatkan pangan lokal di sekitar agar suasembada pangan terealisasikan.

Perkemahan di Perkempinas Samparona. FOTO:MIRA/TRIBUN BUTON

“Saya menginginkan agar anggota pramuka tidak lagi mengonsumsi pangan dari hasil-hasil impor,” harap AS Tamrin.

Ketua Panitia, La Ode Darusalam menjelaskan, telah tercatat 247 kemah dimana masing-masing kemah beranggotakan delapan putra dan delapan putri. Selama berkemah peserta akan mengikuti lomba-lomba tradisional, kesenian, giat penggalang dan sosialisasi narkoba, keamanan lalu lintas.

Kadis Pemuda dan Olahraga ini juga menjelaskan terkait kemah budaya Po-5 yang sengaja diterapkan pemerintah kepada peserta didik pramuka untuk memperkenalkan nilai-nilai budaya Po-5 selama perkemahan berlangsung. (*)