Early Warning, Gelombang Setinggi 4 Meter Ancam Perairan Baubau dan Wakatobi

22

                                                                                                                              BAUBAU, TRIBUN BUTON

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini (early warning), terkait potensi gelombang setinggi 2 hingga 4 meter, yang akan terjadi di perairan Baubau, Wakatobi, dan sekitarnya.

Hal itu disampaikan Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari, melalui Kepala Seksi Observasi dan Informasi Adi Istyono S.Geo, dalam press rilis tertanggal 27 Mei 2019.

Disampaikan, gelombang 1,25 hingga 2,5 meter berpotensi melanda perairan Baubau, perairan Manui-Kendari, Teluk Tolo, perairan Kepulauan Banggai, dan perairan Kepulauan Sula.

Sedangkan gelombang setinggi 2,5 hingga 4 meter, berpeluang menerjang perairan Wakatobi dan Laut Banda Timur Sultra.

Selain itu, BMKG memberi warning terhadap resiko tinggi terhadap pelayaran, dimana untuk ukuran perahu nelayan kecepatan angin akan melebihi 15 knot dengan gelombang mencapai 1,25 meter, dan ukuran kapal tongkang kecepatan angin diatas 16 knot dengan gelombang 1,5 meter.

Sedangkan untuk ukuran kapal ferry, kecepatan angin bisa lebih dari 21 knot dengan tinggi gelombang diatas 2,5 meter. Dan pelayaran seukuran kapal pesiar, kecepatan angin akan diatas 27 knot dengan gelombang bisa melebihi 4 meter. Olehnya, diimbau kepada masyarakat yang bermukim dan beraktifitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang, agar tetap waspada dan mengutamakan keselamatan.(La Ode Adrian)