Waspada Saat Membeli Pangan Segar

468

 BAUBAU, TRIBUN BUTON Jelang Idul Fitri, Plt Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Baubau, LD Sarafa DS, mengimbau masyarakat agar waspada dan benar-benar memperhatikan saat hendak membeli pangan segar. Seperti sayuran, buah-buahan dan daging.

LD Sarafa DS kepada wartawan Tribun Buton (www.tribun buton.com) mengimbau kepada seluruh masyarakat agar senantiasa waspada dan memperhatikan secara khusus ketika akan membeli sayuran, buah-buahan dan daging. Karna sebelumnya ia dan timnya menemukan tomat yang dijual di pasaran mengandung pestisda.

“Karena sebulan yang lalu kami dan tim menemukan tomat yang masih terlihat segar dan mengkilat itu ternyata setelah diperiksa ternyata dia itu mengandung pestisida,” jelasnya, Senin 13 Mei 2019.

Badan Ketahanan Pangan dan Pertanian di bulan Ramadhan 2019 ini telah melakukan pantauan keamanan pangan segar seperti sayuran, buah-buahan dan daging-dagingan sebanyak tiga kali seminggu. Pantauan dilakukan di beberapa titik seperti pusat perbelanjaan Lippo Plaza Buton, Pasar Wameo dan Nugraha. “Alhamdulillah di bulan Ramadhan kita tidak temukan lagi, setelah kasus tomat bulan lalu, ” ujarnya. Meski demikian, mengenai kestabilan harga, LD Sarafa DS mengatakan beberapa pangan seperti bawang dan telur mengalami kenaikan harga di pasaran. Hal itu disebabkan karna pengaruh distributor dan adanya kenaikan secara merata.

“Sedangkan untuk harga beras masih stabil hingga saat ini,” kata LD Sarafa Pantauan ketahanan pangan akan terus dilakukan hingga 7 hari sebelum lebaran di beberapa titik pusat perbelanjaa.(Mira)