PEMKAB BUTON UTARA BERHASIL GELAR PILKADES SERENTAK

Situasi Perhitungan Suara Pilkades Serentak 19 Juni 2022 di Desa Wasalabose Kecamatan Kulisusu.

 

BUTUR, TRIBUNBUTON.COM – Sebanyak 39 Desa di Kabupaten Buton Utara (Butur) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah selesai melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Minggu 19 Juni 2022 kemarin.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Butur, Mohammad Amaluddin Mokhram, mengatakan panitia Pilkades serentak tingkat kabupaten sedang proses menunggu hasil resmi disetiap desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buton Utara Mohammad Amaluddin Mokhram

Namun untuk laporan hasil sementara termasuk logisttik berupa kotak suara beserta isinya sebagian sudah tiba di panitia kabupaten. Dibawah pengawalan pihak TNI/Polri.

“Senin 20 Juni 2022 sekitar pukul 01.27 wita tadi malam, seluruh logistik berupa kotak suara dan isinya telah kembali berada di sekretariat panitia kabupaten. Sambil menunggu proses lebih lanjut sesuai tahapan,” kata Mohammad Amaluddin Mokhram, Senin (20/6/2022).

Menurut Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Butur, sesuai ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku. Usai pemungutan suara, panitia desa secara resmi akan menyampaikan hasil perhitungan suara ke Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“BPD bakal menetapkan kades terpilih kemudian menyampaikan kepada Bupati Butur melalui camat. Jika ada sengketa atau sanggahan terkait hasil perhitungan paska penetapan BPD. Semua sudah diatur dalam tahapan,” ucap Mohammad Amaruddin Mokhram.

Ditambahkannya, pelaksanaan Pilkades serentak di 39 desa di Butur berjalan aman dan kondusif dibawah pengawalan pihak TNI/Polri dibantu Linmas dan masyarakat.

Data sementara hasil perhitungan disetiap TPS. Sejumlah desa yang melakukan Pilkades serentak, tidak ada satu pun calon kades perempuan menang. Semua pemenang adalah calon kades laki-laki.

Misalkan di Desa Rombo Kecamatan Kulisusu. Dengan 871 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dari empat calon kades, dimenangkan calon laki-laki, Deliy, dengan presentase raihan suara 345. Disusul Cakades Sarni 332 suara, Nesrianti 4 suara dan Samsul Irawan 3 suara. Serta 11 suara dinyatakan tidak sah.

Kemudian di Desa Karya Mulya Kecamatan Kecamatan Kulisusu Barat. Dengan DPT sebanyak 275 suara. Cakades La Joke, meraih 121 suara. Disusul Yusran 47, Wa Ode Mariana 47. Dan 41 suara tidak sah. (Tribunbuton.com/Asm)

Komentar Anda