APBD KBUPATEN BUTON 2022 DEFISID

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Buton, Sunardin Dani. FOTO:ILWAN/TRIBUNBUTON. COM

 

BUTON, TRIBUNBUTON.COM

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Buton tahun 2022 mengalami defisit sekitar Rp 98,7 miliar. Hal ini disampaikan Kepala BKAD, Kamis 25 November 2021.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Buton, Sunardin Dani, menjelaskan salah satu penyebab defisit APBD tersebut yaitu dana transfer dari pemerintah pusat turun karena adanya pemotongan. Setelah perubahan, dana transfer pendapatan transfer dari pusat tahun 2021, Rp 756, 7 M setelah di 2022 Rp 658 M.

“Jadi selisihnya sekitar Rp 98, 7 M dari semua pendapatan transfer. Memang ada pemotongan dari pusat, termasuk karena terjadinya covid-19, terjadinya penurunan dari DID, dari DAK juga turun ada juga dari DAU kita, turun juga dibanding dengan tahun lalu,” tuturnya.

Pihaknya menambahkan, penurunan anggaran ini memang dilakukan oleh pemerintah pusat, bukan disebabkan oleh kinerja pemerintah kabupaten Buton. Dengan adanya ini pihaknya berharap semoga perekonomian negara kedepannya lebih bagus, agar dana transfer pusat ke daerah lebih ditingkatkan.

“Itu memang dari pusat, bukan dari kinerjanya kita. Dan itu semua daerah, terjadi penurunan. Semoga ekonomi kita kedepannya lebih bagus, sehingga diharapkan dana transfer dari pusat lebih ditingkatkan,” jelasnya. (Ilw)

Komentar Anda