BAUBAU, TRIBUN BUTON.COM (Mira)

Seorang pasien positif Covid-19 yang menjalani perawatan medis di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Baubau dinyatakan sembuh dari Covid-19. Pasien 06 ini merupakan seorang ibu rumah tangga inisial MW (33) yang baru saja melahirkan.

Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Baubau, dr Lukman menjelaskan, MW dinyatakan sembuh setelah dua kali hasil rapid tesnya menunjukan hasil negatif. Sementara Swab tenggorokan juga dilakukan sebanyak dua kali yakni tanggal 4-5 Juni 2020 dan menunjukan hasil negatif covid-19.

“Saat menjalani perawatan di RSUD Baubau, MW diberi vitamin C dan dijaga kesehatan makan dan minumnya, selalu menjalani relaksasi, dan olah raga setiap hari kareba perlakuan ini umum diterima setiap pasien positif yang dirawat,”jelas dr Lukman, Rabu 10 Juni 2020.

dr Lukman juga mengatakan, jika kesembuhan MW juga didukung dengan statusnya yang merupakan OTG. Karena tidak memiliki penyakit bawaan sehingga dia disebut sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG).

Maka dari itu, dengan sembuhnya pasien positif Covid-19 inisia MW ini, maka total pasien sembuh dari Covid-19 di Kota Baubau sebanyak 4 orang. Sehingga kini pasien Positif Covid-19 yang menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Baubau tersisa 15 orang.

Untuk diketahui, MW dinyatakan positif Covid-19 pada 22 Mei 2020. Saat itu perempuan tersebut baru beberapa hari melahirkan.

Selain pasien sembuh, dan yang masih menjalani perawatan, Tim Gugus Tugas juga mencatat warga yang dinyatakan sebagai OTG sebanyak 82 orang, ODP 12 orang, dan PDP sebanyak 3 orang. Baubau sendiri masuk kategori zona merah peta penyebaran Covid-19. (#)