BUTENG, TRIBUNBUTON.COM, Yhd

Sejak merebaknya Covid19 sudah jarang penjual sayur masuk di Desa Batu Banawa. Untuk menjawab persoalan ini, Babinkamtibmas Batu Banawa Buton Tengah, Bripka Moh Dhany Rimanda, berinisiatif membangun Rumah Ketahanan Pangan.

“Bekerjasama dengan ibu-ibu PKK kami membudidayakan sayur-mayur,” jelas Moh Dhany via rilis, Selasa 9 Juni 2020.

Bhabinkamtibmas senantiasa hadir setiap hari untuk bersama warga desa dan ibu-ibu PKK aktif memantau tumbuh kembang tanaman sayur yang di budidayakan. Mulai dari pembersihan rumput sekitar media tanam, pemupukan, penyiraman dan membantu ibu-ibu warga desa pasca panen.

“Hasil sayur-mayur tersebut juga bisa diberikan kepada warga yang membutuhkannya,” jelasnya.

Di rumah ketahanan pangan ini, aktivitas budidaya sayur-mayur sudah dirintis oleh Bripja Dhany sejak tiga bulan. Bhabinkamtibmas membudidayakan sayuran jenis kangkung cabut, sawi, bawang merah, ubi jalar, cabe rawit, sereh, terong, serta tomat.

“Dan Alhamdulillah kami sudah panen dan hasil panennya kami berikan kepada warga,” jelas bripka Moh Dhany.

Artikel Menarik Lainnya :  RATUSAN BANTUAN KAPAL UNTUK KELOMPOK NELAYAN BUTUR

Bhabinkamtibmas juga mengedukasi ibu-ibu tetap memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi covid19. Bhabinkamtibmas juga membina para ibu-ibu untuk menanam sayuran menggunakan polibag memanfaatkan pekarangan rumah.

Untuk polibag dan bibit disediakan oleh Bripka Dhany dengan harapan warga tidak lagi kesulitan mencari sayuran dan bisa menciptakan ketahanan pangan sendiri.

Giat di Rumah Ketahanan Pangan ini akan terus berjalan bukan hanya pada saat pandemi virus covid 19. “Alhamdulillah ucapan terima kasih kepada Kapolsek Mastim Ipda Musrifin dan Kades Batubanawa pak Zaibudin yang telah mensuport dan membimbing kami selama giat untuk budidaya sayur-mayur bersama warga desa tersebut dalam rangka ketahanan pangan dan sinergitas pembinaan kamtibmas di wilayah desa Batubanawa kec. Mastim wilayah hukum Polsek Mastim,” tutup Bripka Moh Dhany.

Artikel Menarik Lainnya :  KARENA JUDI, TOKOH PEMUDA GUU TEWAS

Posisi Desa Batu Banawa berada di pesisir pantai teluk lasongko Kabupaten Buton Tengah sehingga mayoritas warga berprofesi sebagai Nelayan. Kontur tanah Desa Batu Banawa bebatuan sehingga sulit untuk bercocok tanam dan setiap harinya warga membeli sayur yang berasal dari Kabupaten Muna dan Kabupaten Muna Barat.

Polri di era zaman modern ini sudah tentu harus mampu dan tanggap menyesuaikan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat, menegakkan hukum dan menjaga Kamtibmas sesuai amanat UU No.2/2002. Olehnya itu Bhabinkamtibmas Polsek Mastim Polres Baubau, disamping sebagai penegak hukum yang promoter (profesionalisme, modern dan terpercaya) dan menjaga kamtibmas di desa binaannya, juga sebagai agen problem solving (pemecahan masalah), dan pioner atau petugas penegak hukum yang setiap saat bersinergi dengan kades, aparatur desa, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama bahkan kelompok ibu-ibu sekalipun.(*)

Komentar Anda