TINGKATKAN MINAT BACA, DESA SOMBU GELAR PERPUSTAKAAN KELILING

75

 

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Untuk meningkatkan minat baca masyarakat Desa Sombu, Kepala Desa bersama pengelola perpustakaan wisata Sombu menggelar perpustakaan keliling dan Hommelibbery setiap minggunya.

Kepala Desa Sombu La Ndilu mengatakan, kegiatan rutinitas perpustakaan Desa Sombu , merupakan langkah program Desa dalam mewujudkan masyarakat minat baca di lingkungan Desa Sombu, peningkatan sumber daya manusia (SDM) serta pengembangan kepariwisataan yang ada di Desanya.

“Semua kegiatan memang harus kita mulai dari Desa,” ungkap La Ndilu, Kamis 9 September 2021.

Jelas La Ndilu, kedepannya Desa Sombu akan Melakukan penambahan fasilitas taman baca pada area Pantai Wambuliga, Hal itu dilakukan, untuk menambah daya tarik masyarakat ,pada saat melakukan kunjungan disekitar pantai.

Artikel Menarik Lainnya :  PEMBAGIAN LOS PASAR SENTRAL MANDATI, MANTAN KETUA KADIN WAKATOBI WARNING DISPERINDAG

“Kita akan upayakan pelayanan masyarakat pada saat melakukan kunjungan ke pantai,baik dari sisi Wisata bahkan ketaman bacanya,” tuturnya.

Lanjutnya, pihak perpustakaan Desa Sombu juga sudah melakukan kerja sama dengan beberapa SDN yang ada di pulau Wangi Wangi,Dia Berharap, bukqn hanya sekolah Dasar,akan tetapi dengan sekolah lain bahkan sampai ketingkat Desa.

” Tetap kami akan lakukan kerja sama dengan seluruh sekolah yang ada di pulau wangi-wangi,baik dari tingkat SD maupun ke tingkat SMA,” tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya :  MEMASUKI MASA NEW NORMAL, BPBD WAKATOBI INTENS LAKUKAN PENYEMPROTAN DISENFEKTAN DISEJUMLAH RUANG PUBLIK

Sementara itu, pengelola Perpustakaan Desa Sombu Jufriadin, mengatakan, pihak pengelola perpustakaan Desa Sombu terdiri dari 17 orang yang sudah mempunyai Fungsi masing-masing, sehingga dapat mempermudah kebutuhan masyarakat dalam mencari referensi didalam perpustakaan.

” Kami sudah membagi tugas masing-masing, sehingga dapat mempermudah pelayanan dimasyarakat,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan, Referensi atau buku-buku yang ada didalam perpustakaan Desa Sombu, selain pelajaran Sekolah,juga terdapat pelajaran ekosistem hayati,perikanan, pertanian,Budaya,dan kepariwisataan.

” Kami rencana akan memperkenalkan kearifan lokal, Kabupaten Wakatobi dengan menyusuri seluruh pelosok wangi Wangi-wangi menggunakan perpustakaan keliling,” tutup Jufriadin. (m2)

Komentar Anda