KARNAVAL TENUN TINGKAT SULTRA 2023, WAKATOBI TERBAIK PERTAMA

310

KENDARI, TRIBUNBUTON.COM – Kabupaten Wakatobi keluar sebagai terbaik pertama Sultra Tenun Karnaval tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) 2023 yang diikuti 17 kabupaten/kota.

Dikutip dari laman sosial media Dinas Kominfo Sultra. Event yang diprakarsai Dinas Pariwisata Sultra tersebut. Diselenggarakan setiap tahun dan mulai digelar sejak tahun 2015 silam.

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, Belli Tombili, mengatakan kegiatan tahunan ini digelar sejak tahun 2015. Namun sempat terhenti tahun 2020 dan 2021 seiring pandemo Covid-19. Nelli Tombili, berharap melalui event itu dapat mempromosikan kain tenun khas Sultra.

Dikatakannya, karnaval yang diikuti 17 Kab/Kota se-Sultra itu. Ditampilkan dalam acara Fashion Show Masterpiece. Sehingga masyarakat menyaksikan secara langsung peserta karnaval yang menampilkan berbagai hasil tenun yang menjadi ciri khas di Kabupaten masing-masing.

Masing-masing peserta karnaval dari kabupaten/kota dinilai oleh tim juri yang terdiri dewan juri yakni Herawati, Desainer Defrico Audy dan Fatmayani.

Adapun pemenang kategori A untuk parade busana tenun daerah yakni juara Favorit adalah Dinas Cipta Karya Provinsi Sultra, terbaik Ketiga dari Dinas Sosial Provinsi Sultra, terbaik Kedua Dinas Pariwisata Provinsi Sultra dan terbaik Pertama BPSDM Provinsi Sultra.

Untuk kategori B yakni juara Favorit Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Kendari, terbaik Ketiga DWP Kabupaten Konawe Selatan, terbaik Kedua DWP Kabupaten Wakatobi dan terbaik Pertama DWP Buton Utara.

Kemudian kategori C yakni juara Favorit Dekranasda Kolaka Utara, terbaik Ketiga Dekranasda Muna Barat, terbaik Kedua Dekranasda Buton Selatan dan terbaik Pertama Dekranasda Kolaka Timur

Adapun yang menjadi juara untuk karnaval tenun tingkat Kabupaten/Kota se-Sultra Tahun 2023 yaitu terbaik Ketiga Kabupaten Kolaka Utara, terbaik Kedua Kabupaten Konawe Utara dan terbaik Pertama Kabupaten Wakatobi. (Tribunbuton.com/adm)