DINKES WAKATOBI MAKSIMALKAN PROGRAM MERDEKA SEHAT

317

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Untuk memaksimalkan program Merdeka Sehat yang digaungkan Pemkab Wakatobi. Tahun 2023, Dinas Kesehatan setempat menambah frekuensi pelayanan dokter spesialis mobile.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wakatobi, Muliadin, mengatakan sepanjang tahun 2022 pelayanan dokter spesialis mobile hanya sekali dilakukan. Dan akan ditingkatkan menjadi dua kali di tahun 2023.

“Tahun 2023 ditingkatkan menjadi dua kali, seiring dengan penambahan anggaran untuk mendukung visi misi Pak Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi,” terang Kadis Kesehatan Wakatobi, Kamis 23 Februari 2023.

Pelayanan dokter spesialis mobil itu lanjut Muliadin, diperuntukkan untuk warga di pulau Kaledupa, Tomia dan Binongko. Dan direncanakan akan mulai berjalan dalam waktu yang tidak lama lagi.

“Akan dibagi menjadi dua trip. Untuk trip pertama dijadwalkan antara April dan Mei 2023. Dan trip kedua juga diagendakan sekitar bulan Oktober 2023,” ujarnya.

Dalam pelayanan dokter spesialis mobile tersebut. Muliadin, mengungkapkan akan melibatkan tiga dokter spesialis. Dimana ketiga dokter spesialis itu sangat dibutuhkan masyarakat.

“Ada tiga dokter spesialis yang kita turunkan yakni dokter spesialis penyakit dalam, spesialis anak dan spesialis kandungan,” ucap Kadis Kesehatan Wakatobi.

Dikatakannya, pelayanan dokter spesialis mobile itu merupakan komitmen dan implementasi dari program merdeka sehat. Yang merupakan salah satu program unggulan Pemkab Wakatobi.

Muliadin, berharap masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan itu semaksimal mungkin. Sehingga penyakit yang tidak dapat tertangani secara maksimal oleh dokter umum bisa teratasi.

“Mumpung program ini tidak dipungut bayaran kepada pasien. Kita berharap masyarakat bisa memaksimalkannya,” pinta Muliadin. (Tribunbuton.com/adm)