KESAKSIAN PENJAGA STAND PAMERAN SAAT PRESIDEN RI DAN IBU NEGARA BORONG SOUVENIR KHAS WAKATOBI

Presiden RI dan Ibu Negara saat berada di stand Dekranasda Wakatobi. FOTO istimewah

 

WAKATOBI, TRIBUN BUTON.COM – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) bersama ibu negara Iriana Joko Widodo. Mengunjungi stand pameran dan memborong tenun Boke khas Wakatobi. Disela-sela kegiatannya membuka Rakornas GTRA Summit 2022 di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) beberapa waktu lalu.

Selain itu juga, Presiden Jokowi dan rombongan memborong souvenir, kaos couple dan cemilan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Fitri, penjaga stand Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Wakatobi mengatakan Presiden bersama Ibu beserta rombongan saat menyambangi tempatnya menjaga stand membeli enam lembar kain tenun Boke khas Kaledupa dan Patuno, Kampuru 10 lembar. Tas motif tenun boke, hasil kerajinan Natural Sanamisi Production dan ANH.

“Di stand Dekranasda Presiden dan ibu membeli kain tenun Boke khas Kaledupa dan Patuno dan kampuru 10 lembar sekitar Rp 5 juta. Menteri dan dirjen kelautan dengan total sekitar Rp 8 juta. Ibu Iriana Jokowi tertarik dengan tenun Boke warna merah, sampai habis yang warna merah dibeli,” kata Fitri beberap waktu lalu.

Sementara itu, Jenita, pemilik stand Natural Sanamisi Production dan ANH mengatakan Presiden jokowi bersma Ibu dan dan rombongan memborong baju kaos couple Wakatobi dengan tas motif tenun boke senilai Rp1 juta. Di stand pameran UMKM CCR Presiden dan Ibu memborong semua cemilan khas Wakatobi sekira Rp 2 juta.Selain itu juga belanja kaos di Leama Collection Wakatobi dengan staf dan dokter istana sebesar Rp 1,3 juta.

“Dari Presiden secara cash dan non tunai Rp 3 juta lebih, dengan total Rp 5 juta untuk 30 lembar lebih kaos,” ujar Jenita

Ditempat lain Ketua Dekranasda Kabupaten Wakatobi, Eliati Haliana, mengatakan di stand tersebut pihak Pemda menghadirkan penenunnya secara langsung sehingga dapat memberi motivasi tersendiri sebagai pembuat produk.

“Kalau ada yang bertanya sedetail mungkin bisa langsung dijelaskan dengan baik dan melihat secara langsung bahwa ternyata produknya dilirik dan diminati oleh banyak orang termasuk Presiden dan Ibu Negara beserta rombongan,’ ujar Eliati Haliana.

Ketua PKK Kabupaten Wakatobi itu berharap dengan dihadirkannya penenun secara langsung, para pengusaha UMKM dapat memberikan serta menyediakan stok sebanyak-banyaknya.

“Semoga dapat dilirik oleh para pengusaha UMKM lainnya. Sehingga dapat menyediakan stok yang banyak,” harapnya. (Tribunbuton.com/Din)

Komentar Anda