BUTON SELATAN TERANCAM ABSEN DI PORPROV 2022, INI PENYEBABNYA

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buton Selatan, Maderuddin

 

BUSEL,TRIBUNBUTON.COM – Kabupaten Buton Selatan (Busel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terancam tidak ikut ambil bagian dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tingkat Sultra Tahun 2022.

Pelaksanaan Porprov yang menurut rencana digelar di Kota Baubau dan Kabupaten Buton bulan November tahun 2022. Namun hingga kini, belum ada seleksi dan pembinaan untuk atlit yang mewakili Busel. Termasuk sumber penganggarannya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buton Selatan, Maderuddin, mengungkapkan Porprov seyogyanya menjadi ajang mencari atlit berprestasi guna mewakili Busel bahkan Sultra pada event lebih tinggi. Namun faktor pendanaan sangat berpengaruh terhadap semua tahapan mulai dari seleksi.

Hal itu dikarenakan tidak adanya anggaran untuk membiayai segala kegiatan yang berkaitan dengan keikut sertaan atlit-atlit Bumi Gajah Mada di Porprov nantinya.

“Dinas Pemuda dan Olahraga ini sebelumnya hanyalah bidang di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. Namun sejak Mei 2022 lalu, Bidang ini dimekarkan menjadi Dinas. Terpisah dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. Jadi semua program yang ada di Dinas Pemuda dan Olahraga saat ini merupakan program perencanaan dinas sebelumnya yakni Dinas Pendidikan,” ungkap Maderudin, Rabu (15/6/2022).

Kata Maderudin, setelah dirinya menjabat pimpinan di Dinas pemekaran itu. Ternyata, program kerja ditahun 2022 ini tidak menemukan penganggaran untuk kegiatan Porprov. Sehingga kegiatan yang berkaitan dengan persiapan Porprov berupa ajang rutin untuk mengukur kualitas atlit tidak ada.

“Kita mau lakukan seleksi dan pembinaan bahkan ikut serta dalam ajang Porprov Sultra 2022 tapi tidak ada anggarannya. Kami tidak tahu harus berbuat apa untuk event olahraga tingkat provinsi itu. Yang pasti saat ini bukan pada posisi untuk saling menyalahkan,” kata Maderudin.

Saat ini lanjut Maderudin, pihaknya tengah mencari solusi terbaik agar Pemkab Busel tetap berpartisipasi dalam Porprov Sultra 2022. Namun pihaknya tidak muluk-muluk memasang target pencapaian medali.

“Yang pasti semua ajang kita akan upayakan ikut. Meski tidak didukung anggaran penuh, namun kami juga bukan sekedar ikut memeriahkan. Kita harus ada upaya guna mengharumkan nama Busel dan bisa bersaing pada even lebih tinggi,” harap Maderudin.
(Tribunbuton.com/Flash)

Komentar Anda