WAKIL BUPATI BUTON HADIRI ACARA PEKANDE-KANDEA HUT SILTRA KE-58

Wakil Bupati Buton, Iis Elianti mengenakan tenunan khas Buton dengan motif hijau dengan terusan hitam dipadu hijab warna hijau muda. FOTO:ILW/TRIBUNBUTON.COM

 

BUTON, TRIBUNBUTON.COM – Wakil Bupati Buton Sulawesi Tenggara (Sultra), Iis Elianti, ikut menghadiri ritual Pekande-kandea. Sebagai bagian dari angkaian HUT ke-58 Sultra. Di Baruga Kesultanan Keraton Buton, Minggu (22/5/2022).

Tradisi Pekande kandea yang dihadiri Gubernur Sultra, H Ali Mazi dan sejumlah pejabat daerah di Sultra merupakan tradisi makan bersama yang umum ditemukan pada masyarakat Buton sebagai bentuk kesyukuran.

Prosesi tradisi Pakande-Kandea juga tak hanya menawarkan pemandangan jamuan puluhan kuliner khas. Melainkan warga sekitar Keraton Buton yang mengenakan pakaian adat selama kegiatan berlangsung.

Gubernur Sultra, H Ali Mazi memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Kota Baubau yang telah melaksanakan acara Kande-Kandea. FOTO:ILW/TRIBUNBUTON.COM

Saat ini, Pekande-kandea menjadi sarana penyambutan tamu maupun pejabat luar daerah, ditandai dengan gadis penjaga talang senantiasa menyuapi atau memberikan makanan kepada para tamu undangan.

“Ini juga wujud pelestarian Kebudayaan Buton, tidak hanya pengulangan acaranya tetapi juga esensi dari arti sebuah kebersamaan,” ucap Wakil Bupati Buton.

Wakil Bupati Buton, Iis Elianti, mengenakan tenunan khas Buton dengan motif hijau dengan terusan hitam dipadu hijab warna hijau muda. Mantan Anggota DPRD Buton ini Bersama Gubernur Sultra, Walikota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, SPd, duduk menghadapi talang yang disuguhkan dalam acara tersebut. Hadir juga Direktur Even Daerah, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kementerian Pariwisata, Reza Fahlevi.

Gubernur Sultra, H Ali Mazi memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Kota Baubau yang telah melaksanakan acara Kande-Kandea. Kegiatan ini juga sekaligus menyambut perjalanan Tapak Tilas Oputa Yi Koo yang telah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

“Satu kesyukuran kepada pemerintah dan mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Presiden yang telah mempercayakan dan menganugerahkan kepada Oputa Yi Koo selaku Pahlawan Nasional. Malam ini juga akan dibuka Napak Tilas Oputa Yi Koo dan Pameran Expo UMKM 17 kabupaten/kota selama lima hari,” kata Gubernur.

Turut hadir dalam acara ini yakni jajaran Forkopimda Sultra, Kepala Daerah atau yang mewakili dari 17 kab./kota se-Sultra, Kepala OPD serta lembaga vertikal se-Sulawesi Tenggara. (tribunbuton.com/Ilw)

Komentar Anda