PELAKU UMKM DI BUTON DILATIH MENJADI WIRAUSAHA DIGITAL

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Buton, Sudirman. FOTO:ILW/TRIBUNBUTON.COM

 

BUTON, TRIBUNBUTON.COM – Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menggelar pelatihan Digital Entrepreneurship Academy dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Makassar. Kegiatan tersebut melibatkan pelaku UMKM di Buton. Kamis (26/05/2022)

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Buton, Sudirman, menjelaskan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) bagi Pelaku UMKM di Kabupaten Buton bertujuan untuk pengembangan dan penguatan perekonomian masyarakat yang senantiasa menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Buton dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dikatakannya Pandemi Covid-19 sekaligus datangnya era Revolusi Industri 4.0, menuntut para pelaku usaha untuk berubah dan berinovasi. Bisnis online menemukan peluang untuk berkembang berbagai kemudahan dan keunggulan yang ditawarkan, membuat masyarakat beralih dari situasi jual-beli konvensional dan mengakses bisnis online.

“Sekarang ini yang berkembang adalah kewirausahaan digital. Pemerintah telah berupaya mendorong program digitalisasi pada UMKM di Indonesia, untuk itulah Buton melobi Kominfo Makassar untuk melakukan pelatihan bagi pelaku usaha UMKM di Kabupaten Buton”, tuturnya

Mantan Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Buton ini berharap pengembangan UMKM digital juga akan ikut berkontribusi dalam memperkuat ekositem kewirausahaan digital di Kabupaten Buton.

“Melalui pelatihan ini, saya optimis akan muncul pelauk UMKM yang berdaya saing, dengan manajemen bisnis digital,” jelasnya.

Perlu diketahui, sebelumnya BBPSDMP Kominfo Makassar Bersama Diskominfo Buton telah melaksanakan Thematic Academy pelatihan TIK bagi Pengelola Pesantren, Penyuluh Agama, Guru dan Tenaga Pendidikan Madrasah Kabupaten Buton, 17 -22 Mei lalu. (Tribunbuton.com/Ilw)

Komentar Anda