LEPAS PESERTA TAPAK TILAS, LA BAKRY: NILAI PERJUANGAN OPUTA YI KOO HARUS DIJADIKAN INSPIRASI

Bupati Buton, Drs La Bakry, MSi, melepas peserta Tapak Tilas Oputa Yi Koo. FOTO:ILW/TRIBUNBUTON.COM

 

BUTON, TRIBUNBUTON.COM – Bupati Buton Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs La Bakry, MSi, melepas peserta Tapak Tilas Oputa Yi Koo menuju Puncak Siotapina. Bertempat di Lapangan Banabungi, Pasarwajo, Selasa (24/05/2022).

La Bakry, mengatakan Tapak Tilas Oputa Yi Koo merupakan event pertama kali dilaksanakan untuk mengenang pahlawan Nasional Oputa Yikoo dari Kesultanan Buton. Melalui kegiatan itu, La Bakry, berharap generasi muda atau anak-anak negeri diharapkan dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan Oputa Yikoo.

“Bukan saja hari ini tapi juga masa yang akan datang masyarakat Buton dan Sulawesi Tenggara bisa melihat lagi ke belakang tentang nilai-nilai kepahlawanan Oputa Yi Koo. Kegigihan dan keberanian, patriotisme Oputa Yi Koo bersama pasukannya melawan kezaliman kompeni Belanda,” kata La Bakry, saat membawakan sambutan.

Ketua Partai Golkar Kabupaten Buton tersebut menghimbau peserta Tapak Tilas agar selama kegiatan berjalan selalu menjaga kekompakan, karena tapak tilas sangat memiliki tantangan yang cukup berat.

“Semua peserta untuk menjaga kekompakan. Tantangan medan lomba tidak mudah, cukup jauh sekitar 85 kilometer dan paling rawan menuju kepuncak gunung. Nilai perjuangan Oputa Yi Koo harus menjadi inspirasi bagi generasi hari ini,” jelasnya

Untuk diketahui, Tapak Tilas Oputa Yi Koo yang merupakan rangkaian Peringatan HUT ke-58 Provinsi Sulawesi Tenggara diikuti 760 orang dari 152 tim. Peserta bermalam di lapangan Banabungi selanjutnya di pagi hari Rabu 25/05/2022 menuju Wasuamba, Kecamatan Lasalimu untuk menuju Puncak Siotapina.

Panitia dan Pemkab Buton mengerahkan tokoh-tokoh adat tingkat desa dan menyediakan 21 Pos P3K dengan 110 Tenaga Medis. (Tribunbuton.com/Ilw).

Komentar Anda