JALUR NAPAK TILAS OPUTA YI KOO, DINKES BUTON SIAPKAN 21 POS P3K

Bupati Buton, La Bakry tinjau Pos P3K di Lapangan Desa Banabungi. FOTO:ILW/TRIBUNBUTON.COM

 

BUTON, TRIBUNBUTON.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiagakan 21 titik pos pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Guna memberikan jaminan kesehatan peserta lomba Napak Tilas Oputa Yi Koo di Kecamatan Lasalimu Buton.

Kepala Dinas Kesehatan Buton, Syafaruddin, menjelaskan 21 Pos P3K itu, tersebar dibeberapa lokasi. Satu pos diantaranya ditempatkan dilapangan Banabungi, Pasarwajo,16 pos dibangun disepanjang jalan Banabungi sampai dengan Desa Wasaembaa. Semantara empat pos lainnya ditempatkan di jalur masuk menuju puncak Siotapina.

“Kemudian disiapkan tenaga kesehatan sebanyak 110 terdiri dr dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya yang merupakan gabungan Dinkes, RSUD dan Puskesmas se-Kabupaten Buton,” jelas Kadis Kesehatan Buton, Selasa (24/5/2022)

Dikatakannya, di etiap pos P3K disiapkan obat-obat serta mobil Ambulans. Ketika peserta tapak tilas berjalan maka akan di kawal dua unit ambulans RSUD dan satu Puskesmas. Untuk peningkatan layanan maka setiap puskesmas dalam jalur tapak tilas telah disiapkan juga untuk back up kegiatan P3K dan di siapkan pula RSUD sebagai fasilitas rujukan P3K ini.

Pihaknya berharap untuk mensukseskan Napak Tilas Oputa Yi Koo, semua tim kesehatan yang bertugas dilapangan agar menjaga kekompakan dan komunikasi yang intens antar posko-posko. Sehinga apabila layanan rujukan segera ditangani secara berkelanjutan baik ke puskesmas atau ke rumah sakit sebagai pusat rujukan. (tribunbuton.com/Ilw).

Komentar Anda