Tribunbuton.com

PARIWARA

KAMPANYE GERMAS DAN PERINGATAN HKN KE-57 TAHUN 2021

Praktekkan Cara Hidup Sehat, Tinggalkan Kebiasaan Hidup Tidak Sehat

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau menggelar Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) sekaligus memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 tahun 2021 di Alun-alun Kotamara, Sabtu 27 November 2021.

GERMAS yang disosialisakan oleh Dinkes Kota Baubau merupakan gerakan seluruh lapisan masyarakat dengan mempraktekkan cara hidup sehat sehari-hari. Selain itu juga untuk menggerakkan institusi dan organisasi masing-masing untuk mempelopori.

Hari Kesehatan Nasional (HKN) lebih pada mengajak masyarakat menjadi lebih sadar untuk melakukan budaya hidup sehat dan meninggalkan perilaku kebiasaan yang kurang sehat. Selain itu HKN juga memperingati sejarah awalnya wabah malaria yang melanda Indonesia pada sekitar tahun 1950-an. Ketika itu, wabah malaria menjangkiti banyak masyarakat Indonesia.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, Sitti Munawar, S. STP, M. Si

Kegiatan yang diselenggarakan Dinkes bertajuk "Dengan 5 Klaster Berwawasan PO-5". Dihadiri oleh masyarakat dan seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kota Baubau, di antaranya BPJS, Siloam, Rumah Sakit Umum Daerah Baubau, Puskesmas dan Posyandu.

Tidak hanya itu, beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, turut serta untuk meramaikan agenda kegiatan Dinkes Kota Baubau tersebut. Di ataranya Kadis DP3A, Diknas, Bappeda, Dispora, Perindag, Ketua Komisi III DPRD, Loka POM, Perwakilan Kodim 1413 Buton, Perwakilan RSUD, Kepala Cabang BPJS, dan juga Ketua Forum Kota Baubau Sehat.

Sambutan Menkes, Patuhi Prokes Sukseskan Vaksinasi Covid 19

Sekretaris Daerah Kota Baubau Dr Roni Muhktar, saat membawakan sambutan dari Mentri Kesehatan (Menkes)

Sekretaris Daerah Kota Baubau Dr Roni Muhktar membacakan sambutan Mentri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia (RI) Budi Gunadi Sadikin. Di dalam sambutannya menjelesakan sudah banyak capaian kesehatan yang sudah dilakukan dan diraih. Selain itu juga masih banyak kendala dan tantangan yang perlu dihadapi bersama.

"Covid-19 merupakan krisis kesehatan global yang dihadapi bangsa dari 200 jt kasus dan 4,7 jt kematian yang terjadi di 225 negara hingga awal Oktober 2021" ucap Roni dalam membawakan sambutan Mentri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

Diharapkan agar masyarakat selalu waspada terhadap varian virus yang saat ini tidak bisa diprediksi. Dia mengimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan dan mengajak seluruh masyarakat untuk membantu mensukseskan vaksinasi.

Kota Baubau juga mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wistara tahun 2021 sebagai wujud kondisi daerah yang bersih, aman, nyaman, dan sehat untuk dihuni. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk peghormatan tertinggi dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (RI)

Jaga Kesehatan, Jadikan Baubau Kota Sehat

Sekretaris Daerah Kota Baubau Dr Roni Muhktar, saat menjelasnya cara hidup sehat

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kota Baubau, menunjukan kiprah positif Kota Baubau menjadi Kota Sehat. Seluruh insan Dinas Kesehatan Kota Baubau untuk selalu berpikir, bertindak, dan mengupayakan bersama untuk menjadikan Kota Baubau lebih baik lagi kedepannya.

Sekretaris Daerah Kota Baubau, Dr Roni Muhktar MPd, mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Dinkes. Ia berharap kehadiran seluruh tenaga kesehatan dapat menjadi penggerak di rumah, di kantor, di lingkungan masyarakat Kota Baubau dan di mana saja agar program Germas dapat terlaksana dengan baik.

"Kalau ada Kepala Puskesmas yang merokok saya imbau untuk tidak merokok lagi dan tidak mengkonsumsi alkhol," ucapnya.

Jaga Kesehatan, Jadikan Baubau Kota Sehat

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Baubau dr Pangeran Abdul Azis Salam

Kampanye Germas dan Peringatan HKN ke-57 adalah media untuk mensosialisasikan hidup sehat. Di antaranya aktifitas fisik, makan buah dan sayur, juga rutin pengecekan kesehatan.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Baubau dr Pangeran Abdul Azis Salam, mengingatkan agar budaya hidup sehat selalu dilaksanakan. Ia juga mengigatkan kepada masyarakat agar selalu mengkonsumsi buah dan sayur.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinkes Kota Baubau merupakan Kampanye Germas sekaligus dirangkaikan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-57 tahun 2021. Kegiatan ini bertujuan menyampaikan cara hidup sehat.

"Seperti yang kita ketahui Buah buahan dan sayuran banyak memilki kandungan vitamin, mineral, aktioksidan, serta serat yang tinggi dibanding jenis makanan lainnya," ujarnya.

Senam Pagi GERMAS Meningkatkan Kebugaran

Perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 di Kota Baubau, dimulai dengan senam pagi bersama. Senam sangat bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak (motor ability)

Orang yang melakukan senam dapat meningkatkan kebugaran tubuh, meningkatkan kesehatan tulang, memperbaiki mood, serta dapat menyehatkan organ tubuh seperti jantung, ginjal, paru-paru dll. Senam pagi dipimpin oleh Yeti Indrasari R SKM, diikuti oleh seluruh tenaga kesehatan yang hadir.

Upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN)

Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 merupakan puncak rangkaian kegiatan. Dr Roni Muhktar, bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Sekretaris Daerah Kota Baubau Dr Roni Muhktar, saat bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Upacara diikuti seluruh tenaga kesehatan Kota Baubau. Upacara ini berlansung khidmat.

Makan Buah-buahan Untuk Kesehatan Tubuh

Setelah upacara HKN, dilanjutkan dengan acara memakan buah-buahan yang telah dipersiapkan oleh Dinkes Kota Baubau. Manfaat makan buah setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit, dan masalah pencernaan lain, dan dapat mengurangi risiko kanker usus.

Mengkonsumsi Buah-buahan yang cukup, dapat turut berperan penting dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol darah. Selain itu, buah-buahan sebagai sumber serat makanan yang sangat baik bagi tubuh.

Menari Besama Untuk Jiwa Yang Sehat

Menari merupakan salah satu jenis aktivitas yang digemari oleh banyak kalangan. Menari dapat membuat jiwa dan raga menjadi lebih sehat. Manfaat menari dapat mengurangi stres, depresi, melatih keseimbangan, dan meningkatkan mood.

Menari bersama dilaksanakan setelah sesi memakan buah-buahan bersama di puncak HKN ke-57. (***)

DINAS KESEHATAN KOTA BAUBAU

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Post Views: 1.730

Komentar Anda