HADIRI KALAWATI, BUPATI BUTON PAMIT

Kalawati ritual akhir Oputa Yi Koo. FOTO:KOMINFO BUTON/TRIBUNBUTON.COM

La Bakry Bahas Pembangunan Dua Pabrik Aspal di Lawele

Bupati Buton, La Bakry, menghadiri pesta adat Kalawati di Desa Wasuamba, Minggu malam 21 November 2021. Bupati Buton sekaligus pamit kepada masyarakat adat Wasuamba, mengingat masa jabatannya akan berakhir 24 Agustus 2022.

“Untuk itu saya sebagai Pimpinan Daerah bersama Wakil Bupati Buton, Ibu Iis Elianti maupun secara pribadi, termasuk mewakili Bapak Samsu Umar Abdul Samiun SH, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat, khususnya di Desa Wasambaa ini. Sekaligus permohonan maaf atas hal-hal yang kurang berkenan selama menjalankan tugas karena kami sadar sebagai manusia biasa tidak lepas dari khilaf dan kekurangan,” ungkapnya haru.

Dalam sambutannya, Bupati Buton mengungkapkan selamat kepada seluruh masyarakat Desa Wasamba atas pelaksanaan pesta adat sebagai rangkaian dari ritual yang panjang di Makam leluhur Oputa Yi Koo. Oputa Yi Koo dinobatkan sebagai pahlawan nasipnal mulai tanggal 10 November tahun 2020. Nama pahlawan Nasional Oputa Yi Koo (Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi) juga telah dijadikan sebagai salah satu nama jalan di Kabupaten Buton untuk mengenang atau menjadi ingatan kita terhadap sosok pahlawan dan leluhur kita Oputa Yi Koo,” ungkapnya.

Orang No.1 di Buton ini, mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk terus menyukseskan program vaksinasi Covid-19. “Alhamdulillah berkat kerja keras semua pihak, Kabupaten Buton kini berada pada level I dan kita berharap kita tidak lengah dan masyarakat terus menyukseskan program vaksinasi sebagai salah satu ikhtiar dalam upaya memutus mata rantai Covid-19. Semoga dengan doa yang kita panjatkan khususnya dari para tetua, kita semua segera terbebas dari Pandemi Covid-19 dan beraktivitas normal seperti sedia kala,” pungkasnya.

Ketua Bapera Sultra ini berharap apa yang sudah dirintis, aspal Buton dapat memberi kontribusi yang signifikan bagi kemajuan daerah, termasuk memberi kontribusi bagi Indonesia. Ia menjelaskan dua pabrik sudah dibangun di Lawele, dan Insya Allah masyarakat Buton akan menikmati kekayaan alam yang tersimpan selama ini untuk meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan lapangan kerja.

“Sejauh ini tinggal ditingkatkan kapasitas dan ditambah pabriknya dan sudah bisa berlega hati ke depan, kita semua sudah bisa memberi kontribusi untuk Indonesia, suplai aspal tidak lagi diimpor tapi bisa disuplai dari tanah Butuuni,” pungkas Ketua DPD Golkar Buton.

Kalawati merupakan pesta adat tahunan, Desa Wasambaa tahun 2021. Pesta adat berlangsung sakral. Pesta adat kalawati merupakan prosesi akhir dari rangkaian ritual adat di situs makam Oputa Sangia Yi Koo di Gunung Siotapina yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh rumpun masyarakat adat Wasuamba Sukanaeyo dan Matanaeyo yang tersebar di desa Wasamba dan Wasuamba Lasalimu, serta Siotapina di Desa Labuandiri.

Kalawati berarti penyambutan dari kosakata bahasa daerah masyarakat Wasuamba dan Labuandiri. Ini berarti penyambutan atas kembalinya rombongan masyarakat bersama para pemangku adat setelah digelarnya ritual di Puncak Gunung Siotapina atau ungkapan rasa syukur atas selesainya prosesi adat di Puncak Gunung Siotapina dengan digelarnya doa bersama dan pertunjukan tari-tarian, tabuhan gendang maupun lantunan syair kabhanti yang bernada Ketuhanan yang ditulis langsung oleh Oputa Yi Koo yang terus dilestarikan oleh masyarakat setempat hingga saat ini.

Di tempat yang sama, Plt Camat Lasalimu, La Ode Zahaba SHi MSi, mengatakan kegiatan ini merupakan warisan nenek moyang yang sangat sakral dan patut dibanggakan. Masyarakat Kabupaten Buton sangat menghormati leluhur. Kegiatan ini guna mengenang kembali Oputa Yi Koo yang bergelar Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi. Kami selaku Pemerintah Kecamatan Lasalimu menyampaikan kepada masyarakat kita patut berbangga dan bersyukur dengan kegiatan adat yang masih terus dilestarikan dan Alhamdulillah Bupati Buton hadir langsung di tempat ini,” tuturnya.

Turut hadir Ketua DPRD, Wakapolres, Danramil Lasalimu mewakili Dandim 1413 Buton, Asisten I, Kepala Dinas Kebudayaan, Kadis DPMD, para Kepala Desa lingkup Kecamatan Lasalimu, dan perangkat Adat Matana Eo dan Sukana Eo. (adm)

Komentar Anda