BAUBAU MENJADI SALAH SATU KOTA YANG MENGIKUTI PENILAIAN KABUPATEN/KOTA SEHAT DI SULTRA

Dari kiri: Ketua Forum Kota Sehat Kota Baubau Drs H Masri MSi, Wali Kota Baubau Dr H AS Tamrin MH, Rahmat Tuta. FOTO:FLASH/TRIBUNBUTON.COM

 

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM – Baubau menjadi salah satu kota dari lima kota yang mengusulkan penilaian kabupaten/kota sehat di Sultra. Penilaian (verifikasi) dilakukan secara virtual zoom bertempat di Rujab Wali Kota Baubau, Senin 11 Oktober 2021.

Kabid Kesehatan Masyarakat, Dinkes Kota Baubau, dr Pangeran Abdul Aziz Salam, Ketika di wawancarai dirujab walikota baubau/ Foto : Flash, TRIBUNBUTON.COM

Kabid Kesehatan Masyarakat, Dinkes Kota Baubau, dr Pangeran Abdul Aziz Salam, menjelaskan, Baubau menjadi salah satu yang mewakili Sulawesi Tenggara di ajang nasional ini berdasarkan verifikasi dokumen oleh tingkat pusat sesuai dengan syarat. Sebelumnya ada lima kabupaten/kota di Sultra yang mengusul dokumen tetapi pada akhirnya yang lolos vrifikasi hanya Kota Baubau.

“Ada 5 kabupaten/kota di Sultra yang kemarin mengusul dokumen tetapi pada akhirnya yang lolos vrifikasi hanya Kota Baubau dan ini menjadi kebanggaan tersendiri buat kita,” ucap dokter Pangeran Abdul Aziz salam,

Agenda virtual meeting berupa presentasi dari Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin MH, tentang tatanan kota sehat. Selain itu kegiatan ini menghadirkan para kepalah SKPD atau LPD Kota Baubau dan sektor lainnya yang berprestasi dalam kegiatan ini.

Dalam Presentasinya, Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin MH, memaparkan tatanan Baubau Kota Sehat. Di antaranya mengenai sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalulintas tertib dan pelayanan transportasi umum, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, serta kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri.

Pada meeting zoom itu ditayangkan vidio profile Kota Baubau dan sejumlah infrastruktur pendukungnya. Seperti Pelabuhan Murhum, Bandara Betoambari, dan sejumlah obyek wisata.

Ketua Forum Kota Sehat Kota Baubau, Drs H Masri MPd, mengatakan,Yang paling utama ini bukan mengharapkan piala atau penghargaan, tapi yang kita butuhkan itu masyarakat baubau harus sadar akan kebersihan, karna pada akhirnya dengan hidup bersih itu bisa menjadi sehat.

“Nah intinya adalah kota sehat itu diharapkan terciptanya di kota baubau situasi yang bersih aman sehat dan kondusif sehingga masyarakat itu bisa nyaman tinggal di baubau,” ucapnya.

Sementara itu Kota Baubau sudah tiga kali mengikuti kegiatan tersebut, dari tahun 2017, 2019, hingga 2021 sekarang ini dan sering mendapat penghargaan. Pada tahun 2017 Baubua mendapat penghargaan Padapa, 2019 suasti sarbawiwerda dan di 2021 ini Pemkot Baubau berharap mendapat penghargaan swastisaba distara karna dari kedua penghargaan, ini adalah salah satu penghargaan tertinggi.(p1)

Komentar Anda