GELAR PASUKAN, OPS PATUH 2021 DIMULAI

102
Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari SH SIk, menyematkan pin Ops Patuh Anoa 2021. FOTO:HUMAS POLRES BAUBAU/TRIBUNBUTON.COM

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM – Operasi Patuh tahun 2021 dimulai. Hal ini ditandai dengan apel gelar pasukan operasi patuh di lapangan upacara Polres Baubau, Senin 20 September 2021 sekira pukul 08.00 Wita.

Pimpinan Gelar, Kapolres Baubau, AKBP Rio Tangkari SH SIk, dalam sambutannya mengatakan operasi patuh akan dilaksanakan 14 hari sejak 20 September sampai 02 Oktober 2021. Operasi patuh dilakukan dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap UU No.22/2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Sehingga tercipta kamseltibcar lantas yang mantap di wilayah hukum Sulawesi Tenggara,” jelasnya, disampaikan via rilis oleh Humas Polres Baubau kepada sejumlah media.

Selain keselamatan berlalu lintas yang berhubungan langsung dengan orang, kendaraan, jalan dan, sarana prasarana jalan, terdapat permasalahan baru yaitu adanya ancaman pandemi covid-19. Untuk itu dibutuhkan upaya khusus dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 bidang lalu lintas yang mewujudkan keselamatan masyarakat dalam berkendara.

Ops patuh akan dilaksanakan dengan tetap mempedomani protokol kesehatan penanganan Covid-19. Bahwa dalam menghadapi permasalahan di bidang lalu lintas, dibutuhkan peran serta seluruh stake holder, agar mampu meningkatkan kampanye protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas. Selain itu juga, diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintahan lainnya yang selama ini dirasakan masih perlu ditingkatkan.

Artikel Menarik Lainnya :  Akhir Tahun 2019, KNPI Gelar Koja-koja Soal Kepton

Operasi patuh anoa tahun 2021 dilaksanakan melalui pendekatan persuasif dan edukatif. Terutama dalam rangka menekan penularan covid-19 di jalan. Kegiatan dilakukan dengan cara memberdayakan fungsi dikmas lantas secara optimal, penerangan masyarakat di media cetak maupun elektronik, serta pelayanan informasi lalu lintas melalui manajemen media lantas polda sultra, sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat pengguna jalan.

Berbagai permasalahan lalulintas diantaranya adalah kurangnya kesadaran masyarakat atas pelaksanaan protokol kesehatan, sehingga memerlukan upaya penanganan secara profesional dan komprehensif dari polri, agar terwujud kenormalan baru sebagaimana yang diharapkan. Untuk itu Polri telah menetapkan kalender operasi patuh.

“Kali ini dilaksanakan menjelang hari lalu lintas bhayangkara ke 66, meningkatkan disiplin protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 serta mewujudkan kamseltibcar lantas yang mantap,” ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya :  "MAIN-MAIN DENGAN BLT" KETUA RT 01 TARAFU RESMI DIGANTI

Apel gelar diikuti oleh yang mewakili walikota Baubau, yang mewakili Bupati Buton Tengah, Dandim 1413 Buton, Ketua DPRD Kota Baubau, Ketua DPRD Kabupaten Buton Tengah, Ketua Pengadilan Negeri Baubau, Dansub Denpom XIV/3-2, PJU Polres Baubau, Kasat Pol PP Kota Baubau, Kadis Perhubungan Kota Baubau, Ketua Senkom Mitra Polri, Kepala Jasa Raharja Kota Baubau, Kadis Kesehatan Kota Baubau, dan Kepala BPBD Kota Baubau. Peserta apel gelar terdiri dari kelompok Kapolsek jajaran, kelompok Pom TNI AD, kelompok Kodim 1413 Buton, kelompok Sat Samapta, kelompok Sat Lantas, kelompok gabungan Reskrim dan intelkam, kelompok Sat Pol PP, dan kelompok Dishub Kota Baubau.

Perwira Gelar Kasat Lantas Polres Baubau Iptu Raden Muliadi SH. Sedangkan Komandan Gelar Kanit Turjakwali Sat Lantas Polres Baubau Ipda Joni Arani SH. (yhd)

Komentar Anda