INDEKS PERTUMBUHAN EKONOMI BUTENG MENURUN DRASTIS TAHUN 2020

Bupati Buton Tengah H Samahuddin SE berpose bersama seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Buteng usai membacakan pidato rapat Paripurna Istimewa HUT) Buteng Ke-VII. FOTO:ADI/TRIBUNBUTON.COM

BUTENG, TRIBUNBUTON.COM – Selama masa kepemimpinan H Samahuddin SE, banyak program telah digenjot. Di antaranya di bidang ekonomi dan sosial yang mengalami pertumbuhan. Hal ini disampaikan Samahuddin di DPRD saat rapat paripurna istimewa HUT Buteng ke-VII, Kamis 22 Juli 2021.

“Di tahun 2018 indeks pertumbuhan ekonomi yakni 5,83 sedangkan tahun 2019 menjadi 6,26 yang kemudian di tahun 2020 mengalami penurunan yang cukup drastis menjadi 3,07 akibat pandemi Covid-19,” jelas Samahuddin sembari memohon maaf.

Meski demikian, penurunan ini masih memiliki tren positif karena seluruh daerah di Sulawesi Tenggara mengalami pertumbuhan minus bahkan nol. Akan tetapi Buteng berada posisi kedua setelah Kabupaten Konawe.

Selain itu juga bidang kesehatan di tahun 2021 Pemerintah Buteng di bulan Agustus akan menerima penghargaan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berupa penghargaan Universal Health Coverage (UHC) atau jaminan kesehatan semesta.

UHC merupakan sistem kesehatan yang memastikan setiap warga akan memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitasi yang bermutu dan biaya terjangkau.

“Selain BPJS kesehatan, pemerintah Kabupaten Buteng juga telah melaksanakan MoU dengan BPJS Ketenagakerjaan pada tanggal 16 Februari 2021 lalu yang meliputi pegawai honorer dan perangkat desa,” jelasnya.

Kendati demikian, dinamika penyelenggara pemerintah di masa kepemimpinannya telah menghasilkan cukup banyak penghargaan dan prestasi. Yakni bidang pembangunan desa serta bidang infrastruktur. Bidang Keagamaan, bidang Sumber Daya Manusia dan pelayanan publik serta bidang parawisata telah menjadi bagian program penting pembangunan Kabupaten Buteng.

“Selain itu, dalam pengembangan sumber daya manusia Pemerintah Kabupaten Buton Tengah juga memberikan alokasi khusus bantuan Beasiswa bagi masyarakat Buteng yang studi dengan program beasiswa Samatau,” ujarnya. (p5)

Komentar Anda