DPD LDII KURBAN 47 EKOR SAPI DAN 13 EKOR KAMBING DI WAKATOBI

196

 

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Wakatobi, kurban 45 ekor sapi dan sembilan ekor kambing pada hari raya Idul Adha 1422 Hijriah 2021 Masehi, di Wangiwangi, Selasa 20 Juli 2021.

Ketua DPD LDII Kabupaten Wakatobi, Jana Mansyur B, mengatakan di masa pandemi Covid-19 seperti ini masyarakat masih mampu menyisihkan rejekinya untuk mengejar pahala di hari raya kurban.

“Kami di DPD LDII Kabupaten Wakatobi sehingga mencapai angka 45 ekor Sapi dan 9 ekor Kambing ini, karena kami programkan sejak satu tahun sebelumnya. Seluruh warga kita instruksikan di setiap pengajian dalam satu kali dua minggu hingga tiga kali dua minggu melakukan pengajian bersodaqah. Kemudian ditabung untuk dijadikan uang kurban.

“Jadi bukan ujuk-ujuk nanti setelah datang kurban baru dikumpulkan. Sehingga bisa kita menghasilkan kurban seperti hari ini,” ungkapnya saat ditemui di Kecamatan Wangiwangi Selatan (Wangsel), Selasa malam, (20/7/2021).

Artikel Menarik Lainnya :  INILAH TRIK GUGUS TUGAS COVID-19 WAKATOBI TURUNKAN ANGKA KASUS POSITIF

Terkait pendistribusiannya agar tepat sasaran, kata dia, pihaknya menginstruksikan ke PAC-PAC agar memberikan daging kurban itu kepada yang membutuhkan. Kalau di lingkungan Wanci misalnya, maka seluruh warga yang membutuhkan di situ juga ikut menikmati daging itu.

“Juga kita bagikan kepada kepala kampung, lurah, Babinsa dan itu sifatnya merata diseluruh PAC-PAC,” ucapnya.

Karena petunjuk kurban ini, menurutnya, mulai hari raya sampai dua hari itu batasnya penyembelihan sampai siang. Kalau sudah masuk salat Ashar itu sudah tidak boleh. Kalau hari ini tidak selesai, besoknya baru dilanjutkan lagi, tapi biasanya selesai hari itu juga.

“Dan untuk proses pengulitannya, kalau yang sudah 15 ekor keatas itu biasanya masyarakat yang ada di disitu juga ikut bersama kami. Biasanya teman-teman PAC mengumpulkan tenaga yang ahli menguliti, dengan cara melibatkan warga yang ada disitu untuk membantu proses pengulitannya agar cepat diselesaikan sehingga proses pemulihannya cepat. Kadang-kadang dalam 15 ekor itu dikuliti usai salat Id di rumah sorenya langsung selesai,” tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya :  PAD SEKTOR SEWA ALAT BERAT DIDUGA BOCOR, GEBRAK KEPTON SEMPROT WAKIL BUPATI DAN KADIS PUPR WAKATOBI

Sejumlah hewan kurban tersebut tersebar masing-masing di Pimpinan Anak Cabang (PAC) PAC Liya One Melangka 3 ekor Sapi 3 Kambing, PAC Liya Bahari Indah 5 ekor Sapi 3 ekor Kambing, PAC Mandati II 12 ekor Sapi 2 Kambing, PAC Pada Raya Makmur 15 ekor Sapi, PAC Desa Waha 2 ekor Sapi 1 Kambing, PAC Desa Kapota 2 ekor Sapi, PAC Desa Kabita 4 ekor Sapi, dan PAC Desa Kabita Togo 3 ekor Sapi. Total 47 ekor Sapi dan 13 ekor Kambing, dengan biaya sekira Rp 450 juta lebih.

Perlu diketahui, dalam proses sembelih kurban, semua petugas dan takmir masjid yang melakukan penyembelihan hewan kurban menerapkan protokol kesehatan, sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19. (m2)

Komentar Anda