TIGA DESA KABUPATEN BUTON SUDAH SALURKAN BLT

488
Kepala BPMD Buton, Murtaba Muru/tribunbuton.com

BPMD: BLT Tak Boleh Dikurangi

 

BUTON, TRIBUNBUTON (ILW)

Tiga desa di Kabupaten Buton mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana desa (DD), Jumat 15 Mei 2020. Tiga desa di antaraya Desa Suandala, Desa Baco Bahari dan Desa Wabula. Sedangkan 20 desa lainnya menyusul sebelum Idul Fitri.

Kapala DPMD Kabupaten Buton, Murtaba Muru, mengatakan BLT yang telah di salurkan harus sesuai dengan dampak Covid-19. Warga yang menerima PKH, tidak menerima BLT DD lagi.

“Yang menerima BLT DD ini adalah orang di luar penerima bantuan PKH dan 14 kriteria dari presiden”, katanya saat ditemui di kantornya.

Penerima BLT DD harus sesuai dengan musyawarah desa. Setelah dilakukan musyawarah, di buat Peraturan Kepala Desa dan dilaporkan kepada BPMD.

“Saya berharab bahwa, Mudah-mudahan BLT ini bisa meringakan beban dan meningkatakan ekonomi masyarakat kita yang terdampak akibat virus Corona atau Covid-19 ini,” harapnya.

BLT yang disalurkan sejumlah Rp 600 ribu per KK. Nominal BLT tidak boleh dikurangi atau dipotong. Hal ini sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku.

“Salurkan sesuai ketentuan dengan Undang-Undang yang berlaku. Nda ada kata lain, harusnya sesuai dengan UU”, Ujaranya.

Saat ditanya bagaimana dengan desa yang sudah membagi atau mengurangi jumlah nominal BLT DD? Murtaba mengatakan, akan meminta camat melakukan penelusuran dan melaporkan pada bupati.

Ia berharab, agar sebagian Kades segera merealisasikan DD untuk warga yang belum mendapatkan bantuan. Ia juga meminta agar
pada saat proses penyaluran tetap menjalankan aturan.(*)