SETELAH TERKATUNG-KATUNG, KM MEGA ABADI SANDAR DI BANABUNGI BUTON

1205
Penampakan KM Mega Abadi kapal kargo yang memuat penumpang. FOTO:IST/TRIBUNBUTON.COM

BUTON, TRIBUNBUTON (ILW)

Setelah terkatung-katung tidak bisa sandar di Kota Baubau dan Kabupaten Buton Selatan, kini kapal Kargo KM Mega Abadi sandar mulus di Pelabuhan Banabungi, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton. KM Mega Abadi memuat 60 penumpang dari Maluku Utara tujuan Kota Baubau di tengah pandemik Covid 19.

Salah satu anggota Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 Kabupaten Buton, H Djufri D, menjelaskan KM Mega Abadi bertolak dari Pulau Obi, Halmahera, Provinsi Maluku Utara dan dijadwalkan berlabuh di Kota Baubau pada Kamis malam 30April 2020). Namun batal sandar karena ditolak Pemerintah Kota Baubau.

“Meski kita terima di Pelabuhan Bandabungi, namun Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 telah menyiapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini untuk mengantisipasi jika terdapat virus corona alias Covid-19 pada penumpang yang akan turun,” katanya anggota gugus ini dikonfirmasi melalui WhatsApp.

Lanjut dia, Kapal berlabuh di Pelabuhan Banabungi sekira pukul 09.00 WITA. Kata dia jika ada yang menunjukan gejala covid-19 akan dilakukan tes antibodi, dengan itu, Pemkab Buton juga telah menyiapkan tempat karantina terpadu untuk 30 orang warganya yang turun dari KM Mega Abadi.

“Kepada para penumpang daerah lain, Kota Baubau, Buton Tengah, Buton Selatan, Wakatobi, dan Kabupaten Muna masih menunggu kordinasi dari Ketua Gugus Kabupaten Buton,” jelasnya.(*)