WALIKOTA KENDARI: OBAT CORONA BELUM DITEMUKAN, JAGA KEBERSIHAN

385
CEGAH CORONA: Wali Kota Kendari, Sulkarnain Adir, memberikan imbauan kepada masyarakat Kelurahan Labibia, Kecamatan Mandonga, untuk mencegah corona dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. FOTO:B.SALIKI/TRIBUNBUTON.COM

KENDARI TRIBUNBUTON.COM, (B.Saliki)

Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir SE ME, mengimbau masyarakat untuk disiplin menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Hal ini demi menghindari penularan wabah Covid 19 di Kelurahan Labibia, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Sabtu 4 April 2020.

CEGAH CORONA: Warga Kelurahan Labibia, Kecamatan Mandonga, menyimak imbauan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. FOTO:B.SAIKI/TRIBUNBUTON.COM

Sulkarnain Kadir, menjelaskan tidak berat untuk menghadapi Corona Virus Disease (Covid 19). Kuncinya cukup disiplin dan patuh.

“Tugas menjadi satgas ini sangat membutuhkan kerelaan dan diharapkan bisa memahami kenapa kita membentuk gugus tugas sampai ke tingkat RW,” ujarnya.

Belum ditemukan obat corona hingga saat ini, namun pencegahan bisa dilakukan dari diri sendiri. Yakni menjaga kebersihan diri dan kebersihan lingkungan. “Selama bisa menjaga ini, Insha Allah kita bisa terhindar dari virus ini,” ujarnya.

Sulkarnain meminta masyarakat untuk menggunakan masker setiap saat keluar rumah. Menurut Sulkarnain, virus corona mudah menyebar dan menular melalui percikan air liur, batuk, dan bersin. Maka sangat penting untuk menggunakan masker saat keluar rumah agar dapat memutus rantai penyebarannya.

Sulkarnain juga mengingatkan untuk tidak panik. Namun selalu berhati-hati, karena virus corona bisa menempel pada gagang pintu dan pegangan tangga.

Membuma pintu kata Sulkarnain, bisa menggunakan siku tanpa harus menggunakan tangan apalagi di tempat umum yang banyak orang dapat menyentuhnya. Pada logam, virus corona dapat bertahan sampai 30 jam.

Maka saat setelah berpergian atau memegang sesuatu sangat penting untuk cuci tangan menggunakan air mengalir dan tidak menyentuh yang lain apalagi anak-anak. “Lebih bagus lagi kalau mandi, itu lebih aman dan tidak perlu pakai disinfektan, pakai sabun saja sudah cukup,” kata Sulkarnain Kadir.(#)