TOLAK BALA, DESA BARANGKA GELAR RITUAL AGO-AGO

550
TOLAK BALA Unsur tokoh adat, tokoh agama, Pemdes, dan LPM Desa Barangka, Kabupaten Buton, menggelar ritual tahunan ritual adat Ago-ago untuk meminta petunjuk kepada Tuhan. FOTO:IST/TRIBUNBUTON.COM

BUTON, TRIBUNBUTON.COM, Yhd

Desa Barangka Kabupaten Buton menggelar tolak bala berupa ritual ago-ago, Minggu 5 April 2020. Ritual ini merupakan ritual tahunan menyambut musim timur atau transisi dari musim barat dan juga bentuk doa untuk dapat terhindar dari wabah Corona Virus Disease (Covid 19).

Kepala Desa Barangka, Suharman ST, menjelaskan ritual ago-ago dikemas berbeda tahun ini. Dalam situasi wabah digelar terbatas cukup beberapa tokoh adat, tokoh agama, unsur Pemerintah Desa dan LPM.

“Ritual budayanya tadi sore. Bahwa memang wabah ini secara medis harus kita laksanakan untuk pencegahan. Tapi penting juga budaya dan ritual keagamaan itu kita laksanakan dalam rangka mencegah penyakit yang sekarang lagi mewabah,” jelasnya ketika dihubungi.

Desa Barangka terdiri dari enam dusun dan ritual digelar di mesjid, di batas-batas dusun dimulai dari barat ke timur. Biasanya melibatkan banyak warga, namun kegiatan ini mengikuti protokol kesehatan dengan tidak membuat keramaian.

Kegiatan ritual ago-ago di Desa Barangka juga dihadiri anggota DPRD Buton Dapil II, Darsono SH. Kepada TRIBUN BUTON (tribunbuton.com) Darsono menambahkan bahwa perlu dalam situasi seperti ini berdoa kepada Tuhan untuk memohon petunjuk.

Masyarakat diminta untuk tetap waspada namun tidak panik. Darsono juga mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Pemdes Barangka. Kehadirannya dalam ritual ago-ago di Barangka juga sebagai warga Barangka.(*)