TIM GUGUS TUGAS COVID-19 WAKATOBI HIMBAU MASYARAKAT KOMITMEN IKUTI HIMBAUAN PEMERINTAH

1032
Juru bicara Tim gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Wakatobi saat jumpa pers. FOTO Duriani

WAKATOBI, TRIBUN BUTON (Duriani)

Juru bicara tim gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Wakatobi, Muliadin, menghimbau masyarakat Wakatobi untuk tetap komitmen mengikuti himbauan pemerintah. Dalam upaya memutus mata rantai persebaran virus pandemik Corona.

Meskipun di bumi maritim Wakatobi belum ditemukan warga positif terjangkiti virus mematikan itu. Namun kewaspadaan dan pencegahan sejak dini harus secara kontinyu dilakukan oleh seluruh masyarakat Wakatobi.

“Meskipun belum ditemukan warga positif Covid-19, namun kita semua harus tetap komitmen mengikuti himbauan pemerintah agar penyebaran virus dapat terhenti,” ungkap Muliadin, dalam konferensi pers Jumat (10/4/2020).

Muliadin, menjelaskan sejauh ini tim gugus tugas pencegahan dan penanganan Covid-19 sudah melakukan kerja ekstra ketat dalam memantau seluruh pergerakan warga Wakatobi. Baik itu yang keluar daerah dan masuk dari berbagai daerah lain di indonesia.

Sejauh ini, tim gugus tugas Covid-19 baru menemukan warga yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP). Muliadin, berharap agar status ODP itu bisa secepatnya terlewati, sehingga tidak berubah ke status yang lebih ekstrim.

“Sejauh ini, tim gugus tugas Covid-19 baru menemukan warga kategori ODP. Awalnya sebanyak 16 orang, setelah itu berkurang dan sisa 9 orang. Dari 9 orang turun lagi sisa 7. Hari ini, Jumat 10 April 2020 bertambah lagi satu sehingga berjumlah 8 ODP,” kata Muliadin.

Penambahan satu ODP tersebut, merupakan warga Wakatobi yang baru pulang dari perjalanannya di pulau Jawa.

“Penambahan 1 ODP ini warga Kecamatan Wangi-Wangi baru pulang dari Bogor. 4 ODP di Kecamatan Wangi-Wangi Selatan dan 3 ODP di Kecamatan Kaledupa Selatan,” ujar Muliadin yang juga menjabat Kadis Kesehatan Wakatobi.

Untuk pelaku perjalanan khususnya warga Wakatobi yang pulang dari berbagai daerah di Indonesia kian hari semakin bertambah.

“Data per 7 April 2020, warga Wakatobi yang pulang kampung dalam situasi Covid-29 ini sebanyak 1.438 orang. Sedangkan data per 9 April 2020 sebanyak 1.544 orang. Dan data per 10 April 2029 berjumlah 1.576,” ucap Muliadin.

Muliadin, menambahkan data terakhir per 10 April 2020 terhadap pelaku perjalanan tersebut. Sebanyak 668 orang dinyatakan telah selesai dilakukan pemantauan. Sedangkan yang sementara dipantau sebanyak 908. Jadi total yang sementara dipantau berjumlah 916 orang,” tutup Muliadin. (*)