PEMKAB WAKATOBI TERIMA 50 APD DARI KODIM 1413 BUTON

900
Danramil 1413-14 Wangi-Wangi, Kapten Infantri Anton, menyerahkan bantuan 50 set APD yang diterima Bupati Wakatobi, H Arhawi SE.MM. FOTO Duriani

WAKATOBI, TRIBUN BUTON (Duriani)

Komandan Distrik Militer (Kodim) 1413/Buton menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi.

Penyerahan 50 set APD itu diserahkan Danramil 1413-14/Wangi-Wangi, Kapten Infantri Anton, mewakili Dandim 1413 Buton. Dan diterima langsung Bupati Wakatobi, H Arhawi SE.MM. bertempat di Posko Induk Penanganan Covid-19 Wakatobi, Kamis (16/4)2020).

Bupati Wakatobi H Arhawi, selaku Ketua Tim Gugus Tugas penanganan Covid-19 Wakatobi mengungkapkan penyerahan 50 set APD tersebut sebagai tindak lanjut permintaan tim gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Wakatobi. Dalam upaya pencegahan dan penanganan wabah pandemik yang saat ini melanda sejumlah negara di dunia.

“Karena kita memiliki keterbatasan APD. Maka bantuan pemerintah pusat melalui Kodim 1413/Buton yang kini diserahkan ke ketua tim gugus tugas pencegahan Covid-19 ini diharapkan bisa memberikan jaminan perlindungan terhadap tenaga medis di lapangan,” ungkap Bupati Wakatobi.

Bantuan itu lanjut H Arhawi, merupakan kebutuhan Pemkab Wakatobi. Meskipun Pemkab Wakatobi menyiapkan dana untuk penanganan wabah dimaksud. Namun dana itu sifatnya untuk sharing dengan pemerintah pusat.

“Setelah itu Pemkab Wakatobi bermohon melalui tim gugus tugas Provinsi, apa saja yang masih dibutuhkan. Sehingga pemerintah pusat menyiapkan kebutuhan yang belum terakomodir di daerah,” ucap Bupati Wakatobi.

Bupati Wakatobi pada kesempatan itu juga mengatakan hingga saat ini kebutuhan tim gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Wakatobi berangsur-angsur mulai terdistribusi oleh pemerintah pusat. Sehingga diharapkan semua kebutuhan dalam penanganan Covid-19 bisa maksimal.

“Kita juga sudah memohon bantuan APD ke tim gugus tugas Provinsi. Semoga dalam waktu dekat bisa terjawab. Untuk APD yang ada saat ini berjumlah 132 set. Ini nantinya akan diatur Dinas Kesehatan selanjutnya didistribusi ke lapangan,” tutupnya.

Di tempat yang sama, juru bicara tim gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Wakatobi, Muliadin, menjelaskan persebaran Covid-19 di Kabupaten Wakatobi baru sebatas Orang Dalam Pemantauan (ODP). Untuk OTG, PDP dan terkonfirmasi positif masih nihil.

“Kamis (16/4/2020), ODP ada enam orang dengan sebaran satu orang di Wangi-Wangi, empat orang di Wangi-Wangi Selatan dan satu di Kaledupa. Sedangkan pelaku perjalanan dari berbagai daerah di Indonesia naik menjadi 2.023. selesai pemantauan 1.048, masih dalam pemantauan 975. Total yang dipantau 981,” pungkas Muliadin. (*)