PEMKAB BUTON IMBAU KADES SISIHKAN DD UNTUK PENANGANAN COVID-19

437
Murtaba Muru

BUTON, TRIBUNBUTON (ILW)

Pemkab Buton melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mengimbau Kepala Desa (Kades) mengalokasikan Dana Desa (DD) untuk penanganan Covid-19. Hal itu menindaklanjuti Surat Edaran No 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19.

Kepala DPMD Kabupaten Buton, Murtaba Muru mengatakan, pihaknya sudah mengimbau para Kepala Desa segera membentuk tim Satgas Covid-19. Mengingat kata dia semakin banyaknya warga Kabupaten Buton yang ada di perantauan pulang kampung.

“Pertama mereka yang datang dari luar daerah harus di data. Apabila ada gejala Covid-19 segera berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Puskesmas atau Dinas Kesehatan,” katanya saat di temui di ruang kerjanya, Selasa 28 April 2020.

Ia juga meminta agar Kepala Desa beserta perangkatnya dapat mengalokasikan sebagai Dana Desa untuk keperluan pencegahan Covid-19.

“Tapi itu disesuaikan dengan kemampuan anggaran di Desa masing-masing. Misalnya seperti membeli masker dan hand sanitizer untuk warganya,” jelasnya.

Pihaknya berharap agar Kepala Desa dan jajarannya lebih waspada. Pasalya, lanjut dia, semakin banyaknya jumlah pemudik yang berasal dari daerah zona merah Covid-19.

“Karena kita tidak tahu pemudik itu membawa virus atau tidak. Jadi kewaspadaan kita harus di jaga, apa lagi di kota Baubau sudah masuk zona merah”, Pangkasnya.(#)