COVID-19 DI WAKATOBI: OTG, PDP, POSITIF NIHIL, ODP 10 ORANG

963
Muliadin, juru bicara tim gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Wakatobi. FOTO Duriani

WAKATOBI, TRIBUN BUTON (Duriani)

Juru bicara pencegahan dan penanganan Covid-19 Kabupaten Wakatobi, Muliadin SKM.MKes, mengungkapkan status tiga warga Kecamatan Kaledupa Selatan yang masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP). Tersisa dua orang, satu orang telah melewati batas masa pemantauan.

Sedangkan status ODP di Kecamatan Wangi-Wangi Selatan bertambah dari jumlah sebelumnya. Penambahan ODP itu dari warga Wakatobi yang baru pulang dari luar daerah.

“Sebelumnya ada 8 ODP. Hari ini bertambah 2 orang, sehingga menjadi 10 orang. Di Kaledupa Selatan dari 3 orang sisa 2. Kecamatan Wangi-Wangi 1 orang. Dan Wangi-Wangi Selatan sebelumnya 4 orang dan saat ini 7 orang,” ungkap Muliadin, dalam jumpa pers Sabtu (11/4/2020).

Muliadin, mengatakan status ODP adalah warga yang memiliki gejala panas badan atau gangguan saluran pernapasan ringan. Bisa juga pernah mengunjungi atau tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan virus. Selain itu, bisa juga orang sehat yang pernah kontak erat dengan kasus terkonfirmasi Covid-19.

“Hingga saat ini, Sabtu (11/4/2020) di Wakatobi baru sebatas kategori ODP. Untuk OTG, PDP hingga positif belum ada. Saya harap agar kita semua berdoa agar daerah ini bebas dari segala macam penyakit. Serta senantiasa mengikuti himbauan pemerintah,” ajak Muliadin.

Terkait pelaku perjalanan lanjut Muliadin, hingga saat ini dari data yang dihimpun tim gugus tugas. Aktivitas warga Wakatobi ditemukan semakin meningkat khususnya yang pulang dari berbagai daerah di Indonesia.

“Ada peningkatan pelaku perjalanan. Sebelumnya ada 1.576 dan data hari ini naik menjadi 1.688 orang. Sehingga dari data ini, jumlah warga yang selesai pemantauan ada 712. Masih dalam pemantauan 976 dan total yang sementara dipantau 986 orang,” tutup Muliadin. (*)